Waspada! 8 Penyebab Ponsel Mudah Terbakar

  • Bagikan
Waspada! 8 Penyebab Ponsel Mudah Terbakar
Waspada! 8 Penyebab Ponsel Mudah Terbakar - istimewa

TEKNO, UNews.idWaspada! 8 Penyebab Ponsel Mudah Terbakar. Kasus terbakarnya handphone, memang sering terjadi. Seperti peristiwa yang terjadi belakangan ini. Sebuah ponsel terbakar di kabin pesawat maskapai AS, Alaska Airlines.

Berbagai faktor, bisa saja menyebabkan ponsel terbakar dan bahkan meledak, seperti konsleting atau adanya kesalahan sewaktu pengisian daya.

Umumnya, penyebab yang seringkali memicu HP terbakar adalah panas berlebih (overheat) pada bagian dalam ponsel tersebut. Untuk itu, wajib kita ketahui bersama, menjaga dan memperhatikan ponsel kita agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Waspada! 8 Penyebab Ponsel Mudah Terbakar

Berikut 8 penyebab ponsel bisa terbakar dan harus dihindari:

Penyebab Ponsel Mudah Terbakar

1. Ponsel Rusak

Jika ponsel Anda mengalami kerusakan, sebaiknya segera diperbaiki ke service center. Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka akan berakibat buruk. Semisal layar handphone Anda retak/pecah. Maka beresiko air akan lebih mudah menyelinap masuk kedalam perangkat/bagian dalam ponsel.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Baterai HP Cepat Habis, Terbukti!

2. Baterai Tidak Orisinil

Penggunaan baterai yang tidak orisinil alias palsu, juga bisa menimbulkan masalah serius. Kualitas baterai Lithium Ion yang tidak bagus berpotensi dapat menyebabkan panas berlebih dan bahkan bisa memicu terjadinya ledakan.

3. Charger Palsu

Kualitas charger bawaan atau original selalu bagus. Untuk itu jangan sesekali mencoba menggunakan charger palsu.
Jika charger ponsel anda hilang, maka belilah charger yang asli meskipun harganya jauh lebih mahal. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan charger yang tidak orisinil, dikarnakan belum terjamin kualitas listriknya.

4. Cas Baterai Berlebih

Ketika sudah mencapai 100 persen, segera cabut kabel charger untuk menghentikan pengisian daya sekaligus menghambat aliran listrik. Hal ini kerap dianggap remeh. Bahkan jika sering melakukan pengisian baterai berlebih, membuat baterai hp kita cepat rusak. Untuk itu jangan melakukan hal tersebut ketika kita hendak tidur.

5. Adaptor Charger Mobil

Kualitas adaptor charger mobil yang tidak baik, bisa menyebabkan lonjakan daya berlebih yang mengakibatkan ponsel mudah meledak. Ketika didalam mobil lebih baik menggunakan power bank untuk pengisian baterai daripada adaptor charger mobil. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya ledakan ponsel.

6. Suhu Panas

Ketika suhu ponsel overheat, maka segera hentikan proses pengisian baterai. Untuk sementara cabut kabel charger ponsel anda dan jauhkan dari perangkat.

7. Kabel Ekstensi

Stopkontak merupakan salah satu device yang harus ada ketika kita sedang berkumpul/nongkrong. Stopkontak yang terbatas terkadang membuat kita menggunakan kabel ekstensi untuk melakukan pengisian daya, padahal kabel ekstensi tersebut rawan terhadap overheat dan bisa menyebabkan konsleting.

8. Servis Hp
Ketika hp anda rusak, lebih baik langsung dibawa ke service center, dikarenakan peralatan lebih canggih/lengkap dan professional. Ditempat service lokal, biasanya peralatannya kurang memadai. Hal ini menghindari timbulnya kerusakan baru pada Hp kita.

Itulah 8 Penyebab Ponsel Mudah Terbakar. Semoga kita bisa menghindari hal hal tersebut. Terimakasih dan semoga bermanfaat. (yy)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *