Tugas Mulia Seorang Guru dan Fungsinya

  • Bagikan
berbagai ilmu
guru dan fungsinya, sumber berbagi ilmu

Unews.id – Tugas Mulia Seorang Guru dan Fungsinya. Pendidikan merupakan pusat akal bagi manusia untuk mengembangkan daya nalar, wawasan pengetahuan agar memiliki pola pikir kritis dan tepat dalam bertindak.

Pendidikan bisa dikatakan sebagai wadah masyarakat untuk meningkatkan kecakapan dan kemapanan dalam hidup.

Dalam pendidikan terdapat tujuan yang menjadi esensial untuk dicapai. Tujuan paling esensial dalam pendidikan, mengacu kedasar negara yakni mencerdaskan anak bangsa.

Tentu kalimat “Mencerdaskan Anak Bangsa“ harus kita pahami dan hayati bersama.

Tugas Mulia Seorang Guru dan Fungsinya

Dalam proses pendidikan yang paling urgent dalam transfering materi atau pelajaran yakni pendidik (guru). Seorang guru harus mampu memberikan informasi pengetahuan terhadap peserta didik (sebagai penerima informasi).

Informasi tersebut harus terkonsep dengan baik, mudah dipahami dan ditangkap peserta didik dari materi yang akan ataupun sudah disampaikan.

Dengan demikian indikatornya sudah jelas, tergambar dalam proses pembelajaran, selangkah demi selangkah dari tujuan utama pendidikan akan mudah dicapai.

Peserta didik diharapkan mampu menguasai dari berbagai aspek yang tujuan pembelajaran dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Aspek tersebut menjadi tugas dan fungsi dari seorang guru yang harus mampu diimplementasikan terhadap peserta didik.

Dalam proses pembelajaran, seorang guru memiliki peran sentral dalam membentuk karakter peserta didik. Mengapa demikian? Karena guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, baik di pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, menengah pertama maupun menengah atas.

Seorang Guru juga harus merancang suatu pemikiran cemerlang, bertindak, dan memecahkan persoalan yang relevan.

Guru (Digugu dan ditiru) dalam lingkup  masyarakat bagaikan Pahlawan tanpa tanda jasa.  Bahkan ia dituntut untuk membimbing tunas-tunas muda demi regenerasi masa depan bangsa.

Memang sangat berjasa sekali fungsi dan tugas mulia seorang guru dalam membentuk regenerasi anak bangsa agar mampu menjawab proses pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran pedagogik seiring perkembangan zaman yang semakin pesat agar memiliki karakter yang menghuni dari segi berfikir dan bertindak dengan tepat.

Sekilas asumsi penulis terkait informasi Tugas Mulia Seorang Guru dan Fungsinya. Semoga bagi calon-calon guru di seluruh Indonesia, diharapkan mampu memiliki dedikasi yang kuat untuk mencerdaskan anak bangsa agar memiliki jiwa nasionalis maupun religius sebagai tenaga pendidik. (hi/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *