Tips Tinggal di Kos-kosan Kota Sumenep (1)

  • Bagikan
Tips Tinggal di Kos-kosan Kota Sumenep
Tips Tinggal di Kos-kosan Kota Sumenep, Sumber Foto: Rukita

Unews.id. Tips Tinggal di Kos-kosan Kota Sumenep Mahasiswa atau pemuda yang hidup jauh dari keluarga tentunya harus mampu melakukan apapun dengan sendirinya. Mahasiswa yang kuliah di luar daerahnya sehingga tidak bisa memiliki waktu banyak dengan keluarga juga harus mempersiapkan diri hidup di luar kebiasaan bersama keluarganya.

Begitupun seorang pemuda dengan keadaan tidak memungkinkan untuk bersama keluarga, semisal harus merantau dan sebagainya juga perlu mengetahui beberapa hal tentang hidup di luar.

Umumnya, mahasiswa atau pemuda biasa memilih tinggal di tempat kos untuk bertahan hidup, baik keperluan pendidikan maupun merantau atau bekerja.

Baca Juga: Terlalu Sering Berada Di Bawah AC

Di Kabupaten Sumenep sendiri, kebiasaan tinggal di tempat kos merupakan sesuatu yang sudah lama ada. Kebiasaan ini sejak dulu dilakukan oleh orang-orang dengan kebutuhan sebagimana disebutkan di atas.

Menjadi anak kos, tidak serta-merta mudah. Tidak pula susah. Karena, bagaimanapun hidup sebagai anak kos harus mampu menjalani kesehariannya dengan penuh kemandirian tinggi.

Jika tidak demikian, hal tidak diinginkan akan terjadi, semisal kecenderungan buruk dari perilaku sehingga terlihat jelek di mata masyarakat sekitar, kebiasaan tidak teratur dalam melakukan apapun di tempat kos dan masih banyak lagi.

Tips Tinggal di Kos-kosan Kota Sumenep

Kabupaten Sumenep merupakan bagian pulau Madura yang masih memegang erat tradisi dan budaya lokal baik dari etika bermasyarakat, kebiasaan bersosial serta kebiasaan hidup secara personal.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar nantinya bisa hidup dengan nyaman, baik kita yang akan ngekos maupun bagi yang sudah lama hidup di kos-kosan namun masih merasa tertatih-tatih dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Perhatikan Posisi Tidur Yang Benar

Setelah melakukan perbincangan dengan beberapa anak kos yang ada di sekitar pinggiran kota Sumenep, beberapa hal berikut dapat dijadikan alternatif agar lebih mudah saat kita ingin tinggal di tempat kos atau kita yang sudah agak lama tinggal di tempat kos.

Tips buat calon anak kos:

1. Plihlah kosan tidak jauh dari lokasi utama kita melakukan kegiatan, baik bekerja atau kuliah.

2. Persiapkan dengan baik apa saja keperluan kita di tempat kos. Karena sering terjadi, kita terlalu banyak membawa barang sehingga hanya membuat tempat kos kita penuh dari sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan.

3. Melakukan survei lokasi kos baik dari kebiasaan masyarakat sekitar maupun letak geografis kosan yang akan ditempati.

4. Banyak membangun relasi dengan siapapun di sekitar lokasi tempat kos sebelum benar-benar memutuskan untuk tinggal.

5. Hendaknya mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar baik tetangga dalam kawasan kos ataupun di luar kawasan kos yang akan kita tempati.

Meski kita sudah terhitung lama hidup di tempat kos, terkadang masih belum bisa dipastikan bahwa kita benar-benar sudah menjadi anak kos yang baik.

Berikut tips untuk anak kos yang sudah lama tinggal:

1. Mulailah dengan perlahan kebiasaan menyapa tetangga sebelah di tempat kos agar kita tidak terlihat introvet atau menutup diri. Karena, hal ini masih saja sering dirasakan oleh seseorang yang sudah lama hidup di kos-kosan.

2. Biasakan keluar dari kawasan kos dengan berjalan kaki walaupun tidak ada keperluan mendesak. Hal ini dilakukan upaya untuk menambah sosialisasi kita yang awalnya kurang baik.

3. Rubahlah kebiasaan tidur sampai larut malam. Jika terus dibiarkan, maka kebiasaan bangun kesiangan tidak akan berhenti.

4. Biasakan secara perlahan bangun pagi-pagi.

5. Rubahlah kebiasaan malas untuk bersih-bersih. Jika di satu kamarmu bersama seorang teman, jadwalkan setiap hari untuk bersih-bersih secara bergantian.

Tips Tinggal di Kos-kosan Kota Sumenep

6. Sering-seringlah melakukan kegiatan bersih-bersih dan merapikan tempat tidur sebelum keluar kamar, baik untuk bekerja atau kuliah.

7. Jadwalkan kegiatan bermanfaat lainnya supaya tidak hanya sekedar tidur dan melakukan sesuatu kurang bermanfaat seperti scrolling handphone dan sebagainya.

8. Cepatlah kembali ke tempat kos ketika kegiatan di luar sudah kelar. Karena bagaimanapun, tempat kita merupakan rumah kita ketika jauh dari keluarga.

Nah, di atas merupakan catatan penting untuk menjaga kebiasaan kita agar lebih baik saat hidup di tempat kos kita.
Semoga bermanfaat.(Af//yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *