Tips Sukses Memulai Bisnis Warung Kopi

  • Bagikan
ini manfaat konsumsi kopi hitam dan efek sampingnya untuk kesehatan 2
Foto: ilustrasi bisnis warung kopi (alodokter.com)

Unews.id, Bisnis warung kopi atau biasa disebut dengan kedai kopi merupakan salah satu warung minuman yang paling banyak diburu oleh masyarakat Indonesia. Hal ini sudah menjadi budaya Indonesia dari zaman dulu, biasanya kopi diminum pada saat lagi duduk santai dibarengi dengan membaca koran.

Bisnis warung kopi belakangan ini berkembang pesat, akhir-akhir ini penikmat kopi bukan hanya datang dari orang tua, melainkan dari kaum anak-anak muda. Sekarang minum kopi bukan hanya sekedar konsumsi akan tetapi sudah menjadi kebiasaan masyarakat apalagi untuk kaum anak-anak muda sekarang.

Bisnis ini cukup menjanjikan, melihat belakangan akhir-akhir tahun ini warung kopi banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan, di sudut-sudut kota sampai ke pelosok desa dan bahkan di pusat perbelanjaan pun sekarang sudah dibangun warung kopi.

Tips Sukses Memulai Bisnis Warung Kopi

Berikut ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memulai bisnis warung kopi:
1. Menyiapkan konsep warung kopi sebagus mungkin
Untuk memulai bisnis ini, tahap pertama yang dapat kamu lakukan yaitu melakukan perencanaan sedetail dan sebaik mungkin. Bisnis yang sukses tentunya diawali dengan perencanaan yang matang.

2. Mengatur letak warung kopi yang strategis
Dalam membangun bisnis ini, carilah lokasi yang strategis mungkin, lokasi yang strategis memberikan peluang yang lebih besar, misal tempat-tempat keramaian seperti di sudut kota, pusat perbelanjaan, di pinggir jalan dan lain-lain. Pengaturan letak ini akan banyak di datangi orang sebagai tempat peristirahatan dan tempat untuk bersantai-santai.

3. Memilih atau merekrut tenaga kerja yang profesional
Untuk menjalankan bisnis yang tepat, kalian harus cermat dalam memilih tenaga kerja, carilah tenaga kerja yang sesuai dengan keahliannya. Tenaga kerja yang profesional akan memberikan kualitas kopi yang terbaik, apalagi seorang barista yang merupakan kunci utama dalam menentukan bisnis kita.

4. Mampu mengelola keuangan dengan baik
Perencanaan keuangan yang baik menjadi salah satu faktor yang paling mendukung kesuksesan bisnis kalian. Pengelolaan keuangan nantinya akan berkaitan dengan modal dan keuntungan, namun tidak hanya itu, pengelolaan keuangan ini juga bersifat jangka panjang.

5. Melakukan riset menu
Dalam tahap ini, kalian harus melakukan riset apa yang disukai oleh konsumen, kalian turun langsung ke lapangan untuk mengetahui selera minuman kopi terutama bagi kaum anak muda. Selain itu, kalian harus memiliki inovatif supaya bisnis ide memiliki cita rasa yang berbeda dengan warung kopi lain.

6. Memilih supplier kopi terbaik
Jika kalian sudah mengetahui selera kopi apa yang paling disukai, maka tahap selanjutnya memilih supplier kopi terbaik. Dalam tahap ini kalian harus benar-selektif dalam memilih supplier kopi, karena supplier memegang peranan penting dalam menjalankan bisnis kalian.

7. Memilih jenis kopi yang akan dijual
Tahap selanjutnya yaitu memilih jenis kopi yang akan dijual, setelah melakukan riset dan mengetahui selera masyarakat, maka carilah jenis kopi sesuai dengan selera masyarakat. (ay/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *