Tips Sukses Memulai Bisnis Jual-Beli Mobil Bekas

  • Bagikan
Tips Sukses Memulai Bisnis Jual-Beli Mobil Bekas
ILUSTRASI: Bisnis Jual-Beli Mobil Bekas Istimewa

UNews.id – Permintaan mobil bekas di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Banyak masyarakat lebih memilih membeli mobil bekas dibanding harus membeli mobil baru. Salah satu alasannya adalah harga yang jauh lebih murah dan pajak yang relatif lebih murah.

Bisnis jual-beli mobil bekas di Indonesia menjadi salah satu peluang atau ide bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan besar. Namun, untuk menjalankan bisnis jual-beli mobil bekas tidak mudah.

Tips Sukses Memulai Bisnis Jual-Beli Mobil Bekas

Dibawah ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis jual-beli mobil bekas.

1. Pilih Lokasi Showroom

Apapun bisnis yang dijalankan, hal terpenting adalah lokasi yang strategis. Anda tidak perlu memiliki showroom besar jika modal yang dimiliki terbatas.

Hanya dengan tempat yang cukup namun pas untuk menyimpan dan memperlihatkan stok mobil, Anda sudah dapat melakukan kegiatan bisnis ini secara maksimal.

Dengan pemilihan lokasi yang strategis, pembeli dapat dengan mudah menemukan Showroom Anda. Pilih lokasi dipinggir jalan raya untuk menarik banyak orang yang lewat untuk membeli mobil bekas atau dapat menempatkan showroom Anda di tempat yang ter-augmentasi pada usaha sejenis.

2. Pilih Mobil yang Banyak Diminati Pasar

Tips selanjutnya adalah memilih jenis mobil yang banyak diminati banyak orang. Dengan menjual atau membeli mobil yang kurang diminati, hanya dapat membuat bisnis Anda tidak berjalan dengan baik, bahkan dapat mengalami kerugian bisnis.

Untuk mengetahui jenis mobil yang paling diminati, Anda bisa mengamati dengan melihat mobil apa yang paling banyak digunakan di sekitar Anda.

Selain itu, pilihlah mobil dengan tahun pembuatan yang tidak terlalu lama. Di mana, mobil tua atau mobil dengan tahun pembuatan yang terlalu lama membutuhkan biaya perawatan yang cukup besar. Selain itu masyarakat Indonesia biasanya memilih merek mobil yang memiliki layanan after-sales yang baik atau sparepart yang mudah dicari. Hal ini tentu menjadi pertimbangan besar bagi Anda maupun calon pelanggan Anda.

Tips Sukses Memulai Bisnis Jual-Beli Mobil Bekas

3. Hindari Makelar Mobil

Dalam menjalankan bisnis ini, pasti Anda akan lebih sering bertemu dengan para makelar mobil. Usahakan untuk menghindari mereka ketika ingin membeli suatu mobil. Selain perkara untung dan rugi yang mungkin Anda alami saat membeli mobil dari makelar, Anda juga tidak bisa memastikan langsung kondisi mobil yang akan Anda beli dan untuk dijual kembali.

Jadi, cobalah untuk membeli mobil langsung dari pemiliknya. Dengan begitu, Anda bisa mencari tahu sendiri bagaimana kondisi mobil dan memperkirakan harga jual mobil tersebut.

4. Perbaiki dan Percantik Mobil Anda

Hal ini bisa Anda lakukan untuk menaikkan harga jual kembali mobil bekas Anda. Cobalah periksa kondisi dalam mobil ke bengkel dan pastikan mesinnya dalam kondisi baik dan layak digunakan.

Anda juga bisa melakukan perbaikan dibagian body mobil, misalnya melakukan pengecatan ulang, dan jangan lupa untuk mencucinya terlebih dulu. Dengan begitu, Anda bisa memamerkan mobil bekas Anda dengan kondisi mulus dan bersih.

5. Cek Kelengkapan Surat

Ini adalah bagian terpenting saat Anda ingin membeli atau menjual mobil bekas. Karena, tidak ada konsumen yang rela mengeluarkan uang untuk membeli mobil tanpa adanya kejelasan surat-surat, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan maupun Buku Pemilik Kendaraan Bermotor.

Jadi, sebelum menjual mobil bekas, cobalah untuk menyiapkan segala kelengkapan surat yang dibutuhkan oleh pelanggan. Anda juga bisa menawarkan jasa balik nama surat kendaraan bagi pelanggan Anda. Ini tentu bisa menjadi peluang bisnis baru bagi Anda bukan?

6. Taat pada Hukum yang Berlaku

Sebagai penjual mobil bekas, Anda juga harus patuh terhadap peraturan dan hukum yang berlaku, sehingga kedua belah pihak, Anda dan pelanggan Anda tidak akan ada yang dirugikan saat melakukan transaksi penjualan.

Jangan pernah sekali-kali Anda bermain dengan hukum, selain dapat merugikan bisnis, juga dapat kehilangan pelanggan.

Mereka yang seharusnya bisa memberikan testimoni atau ulasan positif karena kualitas mobil bekas dan pelayanan baik, bisa menjadi memberikan ulasan negatif hanya karena Anda melakukan kecurangan dalam masalah hukum dan tentu dapat merugikan bisnis Anda.

7. Manfaatkan Networking

Dalam bisnis termasuk jual-beli mobil bekas, kekuatan networking sangat diperlukan. Anda dapat mengoptimalkan peran rekan Anda untuk memasarkan bisnis Anda seperti kekuatan word of mouth.

Anda juga dapat menemukan rekan bisnis atau mendapatkan konsumen yang setia melalui networking Anda. Networking yang baik akan membawa bisnis Anda menjadi baik pula.

8. Jangan Abaikan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah hal paling penting dalam menjalankan bisnis. Meski bisnis yang dijalankan adalah jual-beli barang bekas, Anda perlu mengatur keuangan Anda. Dengan keuangan yang baik, bisnis dapat lebih mudah untuk berkembang dan melakukan ekspansi ke pasar yang lebih luas. Jurnal datang sebagai solusi yang dapat membantu Anda melakukan pembukuan keuangan bisnis.

Dengan begitu, Anda dapat melihat berapa keuntungan yang Anda dapatkan, berapa biaya maintenance mobil di showroom, berapa biaya mengurus surat-surat kendaraan, dan sebagainya. (rz/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *