Tips Membedakan Keladi, Kuping Gajah dan Talas

  • Bagikan
foto keladi

Unews.id-Tips Membedakan Keladi, Kuping Gajah dan Talas. Bagi pecinta tanaman hias, keladi merupakan satu dari sekian banyak yang diburu.

Setelah merebak kembali harga tanaman hias beberapa tahun terakhir, semakin banyak pecinta tanaman hias berburu keladi.

Dilihat dari ciri-ciri paling mencolok, ternyata tidak hanya keladi yang memiliki daun lebar, dua diantaranya adalah kuping gajah dan talas.

Seringkali kita menganggap ketiganya sama, padahal berbeda.

Berikut tips sederhana membedakan tanaman hias jenis daun lebar ini.

Tips Membedakan Keladi, Kuping Gajah dan Talas

Baca Juga: Mengenal Jenis Tanaman Bougenville

  1. Keladi

Keladi merupakan sekelompok tumbuhan yang berasal dari gen caladium, mereka masih satu suku dengan araceae (suku talas-talasan).

Semua bagian keladi beracun, jadi tidak bisa di konsumsi. Ciri paling khas tumbuhan keladi adalah daunnya yang berbentuk hati.

Memiliki permukaan licin seperti lapisan lilin dan tidak pernah lebih dari satu meter. Semua jenis keladi dijadikan tanamn hias termasuk hibridanya.

Baca Juga: Kucing, Hewan Peliharaan Terpopuler di Dunia

Berikut adalah jenis keladi yang dijadikan tanaman hias:

Keladi Corong: Jenis tanaman keladi pertama yang bisa Anda piliha yaitu keladi corong.

Tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman liar karena bisa dengan mudah ditemukan di tepi rawa. Hanya saja semenjak popularitas tanaman hias meningkat, keladi ini menjadi incaran banyak orang.

Army Look: Jenis keladi ini memiliki warna daun yang sangat unik. Dalam satu daun ada dua warna yaitu merah dan hijau. Selain itu pada bagian daun yang berwarna hijau terdapat bintik-bintik putih yang mempercantik tanaman ini

Freida Hemple: Tanaman keladi ini memiliki warna merah cerah pada bagian tengah daun. Sedangkan sekelilingnya berwarna hijau. Kombinasi kedua warna tersebut menghasilkan gradasi warna yang cantik

Gingerland: Keladi gingerland merupakan tanaman keladi yang memiliki penampilan sangat cantik. Daunnya berbentuk hari dengan ukuran kecil sampai sedang.

Tips Membedakan Keladi, Kuping Gajah dan Talas

Daun tanaman ini memiliki warna putih dengan bagian tepi berwarna hijau tua. Yang menjadikan daunnya semakin cantik yakni adanya corak bintik warna merah. Tanaman ini sangat cocok untuk mengisi interior ruangan di rumah Anda

Baca Juga: Cyperus Haspan Viviparus L. Tanaman Hias dan Herbal Menekan Pencemaran Air

Thai Beauty: Jenis bunga keladi ini memiliki nama lain keladi wayang atau keladi batik. Thai beuaty memiliki ciri daun berbentuk hari dengan warna merah muda yang mendominasi. Tepi daun tanaman ini berwarna hijau

Keladi semangka: Tanaman ini memiliki bentuk yang unik. Seperti namanya, keladi ini memiliki corak daun seperti semangka. Tulang daun berwarna putih keabu-abuan sedangkan warna dasar daunnya hijau. Dengan bentuk yang indah

dan masih banyak lagi jenis keladi lainnya

2. Kuping Gajah

Kuping gajah atau dikenal dengan anthurium. Masih satu rumoun keluarga dengan talas-talasan. Ada dua jenis kuping gajah. Anthurium bunga, memiliki kelebihan pada jenis bunga yang dihasilkan dan anthurium daun yang memiliki keunikan pada bentuk daunnya.

Baca Juga: Terlalu Sering Berada Di Bawah AC

  1. Talas

Merupakan suku araceae, Talas (Colocasia esculenta adalah tanaan penghasil umbi-umbian terbesar. Talas merupakan makanan pokok selain sukun di Indonesia dan bebrapa negara lain. Talas berukuran besar, bukan masuk daftar tanaman hias

Nah, begitu sekilas informasi tentang Tips Membedakan Keladi, Kuping Gajah Dan Talas, supaya tidak salah tanam. Semoga bermanfaat. (ab/yy)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *