Tingkat Ketercernaannya Sangat Tinggi, Daun Lamtoro Cocok Untuk Pakan Ternak

  • Bagikan
Tingkat Ketercernaannya Sangat Tinggi, Daun Lamtoro Cocok Untuk Pakan Ternak
Daun Lamtoro (Istimewa)

Unews.id – Daun-daun dan ranting muda Lamtoro dapat dijadikan pakan ternak dan sumber protein yang baik, khususnya bagi ruminansia. Daun-daun ini memiliki tingkat ketercernaan 60% sampai 70% pada ruminansia. Hal ini mamastikan bahwa daun lamtoro menempati posisi tertinggi diantara jenis-jenis polong-polongan dan hijauan pakan ternak tropis lainnya.

Lamtoro yang ditanam cukup rapat dan dikelola dengan baik dapat menghasilkan hijauan dalam jumlah tinggi. Namun, pertanaman campuran lamtoro (jarak tanam 5-8 m) dengan rumput yang ditanam diantaranya, akan memberikan hasil paling ekonomis.

Ternak sapi dan kambing menghasilkan pertambahan bobot yang baik dengan komposisi hijauan pakan berupa campuran rumput dan 20-30%. Meskipun begitu, semua ternak menyukai Lamtoro. Akan tetapi kandungan yang tinggi dari mimosin dapat menyebabkan kerontokan rambut pada ternak non-ruminansia.

Baca Juga: Lamtoro Serbaguna, Penghasil Kayu Api dan Pengendali Erosi

Tingkat Ketercernaannya Sangat Tinggi, Daun Lamtoro Cocok Untuk Pakan Ternak

Mimosin merupakan sejenis asam amino terkandung pada daun-daun dan biji Lamtoro, sebesar 4% berat kering. Pada ruminansia, mimosin ini diuraikan di dalam lambungnya oleh sejenis bakteria, Synergistes jonesii. Pemanasan dan pemberian garam besi-belerang pun dapat mengurangi toksisitasmimosin.

Dijawa, polong dan pucuk muda biasa dilalap mentah. Biji-bijinya yang tua juga bisa disangrai sebagai pengganti kopi, dengan bau harum lebih keras dari kopi. Biji-biji yang sudah cukup tua, belum menghitam, biasa digunakan sebagai campuran pecal dan botok.

Daun-daunnya juga kerap digunakan sebagai mulsa dan pupuk hijau. Karena faktanya, daun-daun lamtoro lekas mengalami dekomposisi. Itulah ulasan singkat kami mengenai Tingkat Ketercernaannya Sangat Tinggi, Daun Lamtoro Cocok Untuk Pakan Ternak. (rz/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *