Tepis Rumor Murka, Ducati Klarifikasi “unboxing” Mandalika

  • Bagikan
Foto: Screenshot Twitter Ducati Corse
Foto: Screenshot Twitter Ducati Corse

Unews.id, Tepis Rumor Murka, Ducati Klarifikasi “unboxing” Mandalika. Penggemar balap kuda besi seantero Nusantara sempat dihebohkan oleh video viral ‘unboxing’ peti kargo milik Aruba.it Racing Ducati, Kamis (11/12) malam WIB, di sela-sela MotoGP Valencia, Spanyol.

Ducati Corse memberi tanggapan resmi , terkait gosip bahwa mereka, beserta Ciabatti, marah besar. Ducati tegas tepis rumor murka dan memberi klarifikasi Insiden “unboxing” Mandalika.

Sebelumnya di informasikan bahwa, peti yang berisi motor Panigale V4R milik Michael Ruben Rinaldi telah dibuka oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Pelaku selanjutnya didokumentasikan dalam bentuk video dan foto, lalu diunggah hingga beredar luas di media sosial di seluruh tanah air, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Kotak Kargo Dibuka Ilegal, Ducati Kesal

Ternyata video ini beredar luas tak hanya di dalam negeri saja, bahka sempat menghebohkan media Jerman, Speedweek, Rabu malam kemarin.

Tepis Rumor Murka, Ducati Klarifikasi “unboxing” Mandalika

Salah satu isi pemberitaan menyebutkan seorang pegawai di Sirkuit Mandalika membuka Kotak kmKargo Ducati, bukti itu diperkuat dalam sebuah video dan beberapa foto. Padahal, peti kargo sebenarnya hanya boleh dibuka oleh Bea Cukai dan anggota tim demi menghindari kecurangan dalam regulasi teknis WorldSBK.

Sporting Director Ducati Corse Paolo Ciabatti, dikabarkan murka akibat insiden ini.

Hal ini sontak membuat warganet khususnya Netizen Indonesia merasa malu dan kesal atas tindakan oknum pelaku tersebut.

Akibat kejadian ini membuat Direktur Eksekutif WorldSBK, Gregorio Lavilla, turun tangan dan segera meminta maaf atas kelalaian ini.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) juga menegaskan bahwa pembukaan peti kargo sudah sesuai prosedur Bea Cukai dan menyebut bahwa pelaku rekaman video bukan pegawai mereka.

MGPA menyayangkan proses pemeriksaan barang yang harusnya bersifat rahasia justru direkam dan disebar oleh oknum tak bertanggung jawab.

“Sangat disayangkan, pada saat pemeriksaan dilakukan ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar, dan memviralkan dengan isi berita yang tidak sesuai,” ungkap Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA, Happy K Harianto.

Respon cepat dilakukan oleh pihak Ducati. Klarifikasi resmi dilakukan di sela MotoGP Valencia, Spanyol, soal gosip bahwa mereka, beserta Ciabatti, marah besar.

Pabrikan berjuluk Bologna Bullet ini menegaskan mereka tak pernah mengeluarkan pernyataan resmi apa pun soal insiden ‘unboxing’ di Mandalika.

Tanggapan ini juga dipertegas lewat unggahan di Twitter, baik lewat akun resmi Ducati Corse maupun lewat akun pribadi milik Ciabatti.

“Berkebalikan dengan apa yang dilaporkan beberapa media, Paolo Ciabatti dan Ducati Corse tak pernah memberikan pernyataan apa pun mengenai peristiwa yang terjadi di Mandalika International Street Circuit,” tulis Ducati.

“Kami menanti untuk bertemu semua penggemar kami di Indonesia, dan mengunjungi Indonesia untuk Seri WorldSBK dan Grand Prix MotoGP tahun depan!” lanjut pernyataan tersebut.

“Kami cinta Indonesia dan tak sabar untuk balapan di Mandalika International Street Circuit,” tulisnya.

Aruba.it Racing Ducati, melalui akun Twitter, menyatakan hal senada, terkait apa yang terjadi di Mandalika International Street Circuit, Aruba.it.

Racing Ducati ingin mengklarifikasi bahwa tim kami tidak pernah memberikan pernyataan apa pun. Satu-satunya hal yang ingin kami katakan adalah: ‘Kami tak sabar pergi ke Indonesia’ @WorldSBK #IDNWorldSBK,” tulis tim Italia tersebut.

Semoga insiden ini menjadi pelajaran bagi kita bersama sehingga tidak terulang di masa mendatang, mengingat kini Indonesia sudah memulai langkah bangkit dari situasi terpuruk akibat dampak pandemi Covid 19. (nv/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *