• Minggu, 22 Mei 2022

Awas Aplikasi Scam! Begini Cara Mengenalinya  

- Kamis, 9 Desember 2021 | 11:08 WIB
Ilustrasi aplikasi scam yang membahayakan (pexels)
Ilustrasi aplikasi scam yang membahayakan (pexels)

 

UNEWS.ID – Banyaknya aplikasi penghasil uang yang beredar melalui toko resmi di android dan sejumlah situs, menarik perhatian masyarakat. aplikasi t Ditengah maraknya aplikasi penghasil uang yang beredar dan bisa diunduh secara gratis, tentu tidak lepas dari ancaman bahaya dari tangan tidak bertanggung jawab.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa aplikasi penipu (scammer) juga berkembang pesat. Kemungkin besar, aplikasi ini mengandung malware yang membahayakan penggunanya. Aplikasi scam banyak ditemukan di jenis aplikasi penghasil uang.

Aplikasi scam mempunyai motif bermacam-macam. Namun yang patut diwaspadai adalah pencurian identitas. Pasalnya, aplikasi ini menyamar menyerupai aplikasi asli yang tentunya mempunyai tatacara daftar yang sama persis.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Aplikasi Scam di Play Store, Pengguna Android Wajib Hati-Hati

Melansir dari berbagai sumber, berikut dijelaskan upaya pencegahan yang dapat dilakukan sebelum benar-benar menginstal aplikasi penghasil uang (real), bukan aplikasi scam.

  1. Periksa Nama Pengembang Aplikasi

Biasakan mengecek nama pengembang atau penerbit aplikasi. Salah satu yang paling riskan dalam aplikasi scam adalah meniru nama pengembanga yang sama dengan mengubah sedikit.

Scammer menggunakan nama yang mirip dengan tujuan untuk meniou pengguna supaya menginstal aplikasi tersebut. Misalnya, Overstock.com (asli) dan Overstock Inc (palsu). Hal ini dapat mengecoh si pengguna baru.

  1. Periksa Ulasan di Toko Aplikasi

Review (ulasan) merupakan komentar dari para pengguna yang telah mencoba sebuah aplikasi. Bisa di cek dengan review yang diberikan, jika benar itu aplikasi asli, maka terdapat berbagai komentar positif, selain itu jika itu terdeteksi sebagai aplikasi scam, juga akan mendapat review komentar yang negatif

Halaman:

Editor: Bambang Eko W

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal 6 Jenis E Commerse Beserta Contohnya

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:30 WIB
X