Tanam Kayu Manis dengan Cara Begini, Dijamin Berhasil

  • Bagikan
cinnamon 1971496 960 720

Unews.idTanam Kayu Manis dengan Cara Begini, Dijamin Berhasil. Bagi pecinta makanan ringan dan yang suka utak-atik dapur, pasti tidak asing dengan rempah yang satu ini, kayu manis bernama ilmiah Cinnamomum ialah jenis pohon penghasil rempah.

Dalam kamus Biologi, Cinnamomum Zeylanicum masuk ke dalam jenis rempah-rempah yang dihasilkan dari kulit bagian dalam yang kering beraroma kuat, manis, dan pedas.

 

Baca Juga: Khasiat Daun Krokot, Ampuh Melawan Kanker

Tanam Kayu Manis dengan Cara Begini, Dijamin Berhasil

Kayu manis merupakan salah satu bahan bumbu masakan tertua di dunia. Konon, Mesir telah menggunakan bumbu ini sudah dari 5000 tahun yang lalu.

Kayu manis  tumbuh di derah beriklim tropis basah, iklim ini sangat dominan di Indonesia. Dapat tumbuh subur yang memiliki curah hujan antara 2000-2500mm/tahun.

Mengutip dari laman okezone.com bahwa Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatakan, 85% kayu manis yang ada di seluruh dunia sebagian besar dipasok dari Indonesia.

Sumatera Barat dan daerah pegunungan Kerinci, merupakan  penghasil  kayu manis terbanyak.

Berikut adalah cara menanam  kayu manis:

  • Memastikan lahan kosong tidak lebih dari ukuran 1×1 meter.
  • Terhindar dari serangan penyakit yang bisa menyerang akar

Baca Juga:Tips-tips Menanam Bunga Mawar Agar Awet dan Tumbuh Subur

Tanam Kayu Manis dengan Cara Begini, Dijamin Berhasil

  • Suhu lingkungan tempat penanaman berkisar 25-27 derajat celcius,
  • Memiliki kelembapan udara 70-90%,
  • Struktur tanah adalah tanah lempung yang mengandung pasir.

Persiapan lain seperti pencangkulan dengan kedalaman 50 cm kurang lebih dua kali, lalu ratakan kembali area tersebut. Gali lubang tanam berukuran 50x50x50 cm, campurkan tanah galian dengan pupuk kandang atau kompos.

Biarkan kurang lebih 4 minggu, lalu tutup dengan tanah yang sudah dicampur pupuk. Bibitnya bisa dari biji yang sudah berusia 8-12 bulan atau tunas yang ditebang dan telah memiliki akar baru.

Baca Juga: Berikut 12 Ciri-ciri Tanaman Salam (Syzygium polyanthum)

Jika memilih menggunakan tunas, pastikan tingginya telah mencapai 50-60 cm agar kamu bisa langsung menanamnya.Sebagai catatan tambahan, sebaiknya pilih tunas yang sudah berusia 6 bulan.

Jadi begiulah kira-kira gambaran jika  ingin Tanam Kayu Manis dengan Cara Begini, Dijamin Berhasil, semoga bermanfaat. (ab/yy)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *