Sensasi Rasa dan Harga Buah Langka, Durian Lahung Mirip Rambutan

  • Bagikan
Durian Lahong (Istimewa)

Unews.id – Buah Durian Layung (kadang-kadang ada yang menyebut durian lahung) memiliki aroma yang sangat menyengat.

Daging buah agak tipis berwarna kuning cerah sampai agak jingga dengan rasa manis. Buah paling enak yang ada di Kalimantan.

Buah lahung harum enak dan salah satu buah Kalimantan yang cukup langka untuk dinikmati, karena belum ada ketemu orang yang budidaya, selalu dari hutan beneran.

Rasanya lebih legit dan baunya lebih tajam dari durian biasa. Cara menikmati buah lahung harus dipotong, kemudian dikucik dengan jari.

Ada juga yang mengatakan, kalau rasa buah lahung asli khas Kalimantan manis seperti buah elai/lay kayak durian tapi tipis isi dalam nya.

Harga durian lahung per 3 bijinya Rp 100.000. Dengan harga satuan kisaran 35.000. Ada yang menjual dengan Rp 15.000, 20.000 perbijinya.

Lahong adalah tumbuhan sejenis durian yang banyak tumbuh di hutan dan di gunung Kalimantan.

Buahnya mirip durian namun durinya lebih panjang dan lancip serta berwarna merah, dari segi rasa lahong juga berbeda dari durian tapi sama-sama enak.

Baunya pun tidak seperti durian. Biasanya lahong berbuah seiring dengan datangnya musim durian.

Di Kalimantan Selatan ada lagi “Lahong” jenis lain. Jenis ini banyak tumbuh di perkotaan.

Lahong tidak berduri, namun ada yang berbulu dan ada yang tidak, warnanya bermacam-macam ada putih, hitam, biru dan sebagainya.

Dari segi aroma, lahong jenis ini jauh lebih bervariasi dan sangat mengundang hasrat untuk mencicipinya. Adapun rasanya, mungkin juga nano-nano. (val/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *