Sejarah Singkat Hari Perhubungan Darat Nasional

  • Bagikan
Sejarah Singkat Hari Perhubungan Darat Nasional
Sejarah Singkat Hari Perhubungan Darat Nasional (Istimewa)

Unews.idSejarah Singkat Hari Perhubungan Darat Nasional. Hari Senin, 22 November 2021, merupakan peringatan Hari Perhubungan Darat Nasional ke-50.

Penetapan hari tersebut diinisiatori oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas segala bentuk perhubungan darat, termasuk transportasi hingga fasilitas umum bagi para pedestrian.

Pedestrian sendiri  adalah pergerakan atau sirkulasi atau perpindahan orang atau manusia dari satu tempat ke titik asal (origin) ke tempat lain sebagai tujuan (destination) dengan berjalan kaki (Rubenstein, 1992).

Sejak Indonesia merdeka, perhubungan darat telah menjadi bagian dari mobilitas seluruh masyarakat. Mulai masyarakat desa yang akan ke perkotaan maupun sebaliknya masyarkat perkotaan ke pedesaan.

Dampak tersebut memberikan signifikansi yang tinggi bagi percepatan sebagai alat transportasi di darat sekaligus menandai tekhnologi semakin berkembang.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Hari Perhubungan Darat Nasional ke-50, Terbaru

Sejarah Singkat Hari Perhubungan Darat Nasional

Inilah sejarah singkat Hari Perhubungan Darat Nasional yang dilansir dari berbagai sumber:

Sejarah Singkat Hari Perhubungan Darat Nasional

Setiap tanggal 22 November, kita selalu memperingati Hari Perhubungan Darat Nasional. Pada tahun 2021 kita kembali memperingati hari tersebut sebagai simbol transportasi darat menjadi kebutuhan manusia sehari-hari.

Hari tersebut sudah ditetapkan pemerintah sejak pada tahun 1971.

Baca Juga: Update, Link Twibbon Hari Pohon Sedunia

Tujuan penetapan tersebut untuk menandai sebuah rencana pembangunan lintas darat yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Transportasi lalu lintas darat sendiri meliput angkutan umum, kereta api, jalan raya dan jalur pedestrian.

Sedikit informasi yang didapatkan Admin, sejak Indonesia merdeka, perhubungan darat memang telah menjadi bagian dari mobilitas seluruh masyarakat.

Termasuk moda transportasi sepeda, angkutan umum, mobil, motor, hingga pejalan kaki.

Tidak dipungkiri seiringi perkembangan tekhnologi transportasi darat memiliki manfaat bagi aktifitas pergerakan manusia seperti transportasi untuk pendidikan, ekonomi, perdagangan, dan lain-lain.

Perhubungan darat yang baik tentu berpengaruh positif terhadap mobilitas masyarakat Indonesia.

Tahun lalu, peringatan ini difokuskan pada pesan pengembangan transportasi umum darat guna mendukung mobilitas masyarakat.

Sehingga mobilitas masyarakat dapat berjalan efektif dan cepat.

Baca Juga: 7 Peninggalan Indonesia di Hari Konferensi Warisan Dunia

Sayangnya, baik segi pelayanan dan infrastruktur, transportasi umum darat di Indonesia masih belum optimal.

Dikarenakan saking banyaknya, tidak mengherankan jika berbagai permasalahan pun muncul, salah satunya yaitu kemacetan dan menurunnya kualitas lingkungan.

Seperti polusi udara yang merebak di jalan-jalan raya merupakan dampak dari transportasi darat.

Apalagi berbagai sumber mengatakan Indonesia sebagai salah satu negara pengguna alat transporatasi seperti sepeda motor, mobil dan lain-lain terbanyak se-Asia.

Hal itulah yang berdampak terhadap polusi di udara.

Masalah tersebut hingga kini masih menjadi permasalahan yang menjadi topik utama pemerintah.

Melalui Hari Perhubungan Darat Nasional ini maka diharapkan pemerintah Indonesia bisa segera mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut.

Selain kemacetan dan menurunnya kualitas lingkungan, kasus kecelakaan lalu lintas jalur darat juga menjadi permasalahan yang selalu ada sepanjang tahunnya.

Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas juga disebabkan oleh berbagai faktor.

Sejauh ini terdapat lima faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas yaitu kesalahan manusia, kondisi jalan, faktor alam, kondisi kendaraan dan kelebihan muatan.

Itulah, Sejarah Singkat Hari Perhubungan Darat Nasional. Semoga informasi ini bermanfaat.(hi/yy)

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *