Segar dan Rasakan, Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh Kita

  • Bagikan
IMG 20211024 143239
foto anak kecil sedang berenang, sumber foto tirto.id

Unews.id -Berenang merupakan upaya untuk menggerakkan semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Olahraga renang kerap dilakukan tanpa menggunakan perlengkapan apapun. Aktifitas renang sangat disukai oleh masyarakat dari berbagai usia, terutama bagi mereka yang tergolong muda.

Beranang juga bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya apapun, kecuali jika berenang di kolam yang pasang tarif. Ternyata berenang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jenis olahraga yang satu ini dikenal sangat baik untuk kesehatan jantung dan kaya akan manfaat lain yang bisa peroleh dengan cara rutin melakukan aktivitas berenang.

Segar dan Rasakan, Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Bahkan bagi orang yang menjalankan program diet, renang menjadi salah satu olahraga yang disarankan agar memiliki tubuh yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagi Anda yang suka renang, berikut kami rangkum tentang manfaat dan cara memperoleh hasil maksimal saat melakukan terapi renang bagi kesehatan tubuh kita

Manfaat Renang Bagi Kesehatan 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat berenang yang paling populer adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, olahraga renang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Dengan demikian, tidak hanya berdampak pada kesehatan jantung saja. Berenang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh dan menurunkan risiko timbulnya penyakit stroke.

2. Membangun Massa Otot

Berbagai gerakan olahraga renang dituntut hampir seluruh otot tubuh bergerak melawan tekanan di dalam air. Hal ini yang menyebabkan berenang dapat meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. Berenang juga baik dilakukan untuk mengecilkan betis dan membuat tampak lebih kencang.

3. Menurunkan Berat Badan

Berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori. Oleh karena itu, berenang bisa menjadi olahraga pilihan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

4. Mengurangi Stres

Stres merupakan kondisi umum yang dialami hampir setiap orang. Renang menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat tubuh lebih rileks.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah studi yang dilakukan terhadap penderita insomnia menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gangguan tidur, cobalah untuk berenang agar tidur lebih nyenyak di malam hari.

6. Meringankan Radang Sendi

Berenang juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi, sehingga aman dan justru dianjurkan bagi penderita arthritis. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa bagi penderita osteoporosis juga bisa diringankan dengan cara melakukan renang secara rutin dan dapat mengalami penurunan nyeri sendi.

7. Mengatasi Kondisi Saraf Kejepit

Saraf kejepit dapat menyebabkan penderita sulit beraktivitas dan lebih banyak berbaring di tempat tidur. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini justru akan melemahkan otot dan membuat sendi menegang. Salah satu cara mengatasi saraf kejepit adalah dengan cara berenang. Berbagai gerakan dalam renang bisa membuat otot-otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih santai dan rileks.

Berenang dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun, untuk mencegah terjadinya cedera, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan olahraga renang:

a. Gunakan pakaian renang yang nyaman dan pas dengan tubuh.

b. Pakailah kacamata renang, bila perlu, untuk mencegah rasa perih pada mata akibat kandungan klorin di dalam air kolam renang.

c. Lakukan pemanasan sebelum memasuki kolam renang.

c. Sediakan dan konsumsi air minum secara teratur di sela-sela waktu renang.

c. Akhiri sesi berenang dengan pendinginan.

Bila Anda baru mulai belajar renang, jangan terlalu memaksakan diri dengan terlalu lama berenang. Tingkatkan intensitas renang secara perlahan dan lakukan secara rutin setidaknya 3–5 kali per minggu. Bahkan apabila Anda memiliki penyakit tertentu dan ragu apakah kondisi tubuh Anda memungkinkan berenang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter . Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari cedera dan manfaat berenang pun dapat Anda peroleh secara maksimal.

Itulah sedikit informasi mengenai Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Kita. Semoga bermanfaat. (hi/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *