Rengginang Kuliner Khas Sumenep

  • Bagikan
Rengginang Kuliner Khas Sumenep
Rengginang Kuliner Khas //Sumenep: Orami.com

Unews.id.Rengginang Kuliner Khas Sumenep– Pulau Madura, pulau dengan beragam kekhasan yang dimiliki jadi pulau dengan kekayaan cukup melimpah. Empat kabupaten di pulau Madura antara lain dimulai dari ujung barat,  Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Di ujung timur Pulau Madura terdapat Kabupaten Sumenep, dekat dengan Kabupaten Pamekasan. Sama seperti kabupaten tetangga, Sumenep juga memiliki aneka ragam khas mulai dari kuliner, kerajinan, seni rupa dan adat istiadat.

Kali ini kita akan membahas satu kuliner khas asli Sumenep yaitu rengginang. Hingga saat ini menjadi primadona bagi masyarakat Jawa Timur utamanya Madura, khususnya Sumenep sendiri.

Baca Juga: Bakiak, Bukan Sandal Biasa

Tempat produksi pertama makanan khas ini yaitu di Desa Prenduan, Kabupaten Sumenep. Dari Desa pesisir pantai inilah, makanan rengginang mulai diproduksi sejak dulu hingga saat ini.

Rengginang sendiri dibuat menggunakan beras, dimasak layaknya nasi lalu dicetak dengan alat khusus milik para pembuat rengginang.

Ada berbagai olahan rengginang beraneka rasa bisa kita temukan di Desa Prenduan Kabupaten Sumenep ini. Antara lain, Rengginang original, Rengginang Lorjuk, Rengginang manis serta rengginang rasa barbeque.

Rengginang Kuliner Khas Sumenep

Sering kali ketika pelaksanaan festival kebudayaan di Kabupaten Sumenep, rengginang juga dijual dan dipamerkan dalam acara tersebut.

Produksinya sendiri, rengginang rasa original lebih dominan di pasaran luar daerah. Hal ini karena masyarakat luar kurang berminat terhadap aneka rengginang yang lain. Sehingga, rengginang selain rasa original tersebut diproduksi cukup dalam daerah saja, umumnya juga di Madura.

Sampai saat ini, kuliner tersebut tetap menjadi primadona ketika seseorang atau keluarga ingin bepergian ke luar daerah sebagai oleh-oleh. Begitupun pelancong dari luar daerah, rengginang pasti menjadi satu-satunya kuliner yang diburu.

Harga normal satu pacs dibandrol mulai dari harga Rp. 15.000 hingga Rp. 25. 000 tergantung varian dari rasa yang tersedia.

Baca Juga: Si Mungil Krokot, dari Tanaman Hias Hingga Obat

Untuk mendapatkan rengginang sendiri, kita jangan khawatir sulit mendapatkannya. Semenjak rengginang sudah terkenal di berbagai tempat, baik di dalam bahkan luar Madura, makanan satu ini sudah gampang untuk ditemui.

Meskipun begitu, tentunya, rengginang asli daerah merupakan paling khas di antara rengginang di daerah lainnya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, pusat produksi dari makanan satu ini memang di Kabupaten Sumenep tepatnya Desa Prenduan.

Jika pembaca ada waktu berkunjung ke Kabupaten Sumenep, akan lebih sempurna rasanya menyambangi Desa Prenduan sebagai pusat belanjaan rengginang, selain sebagai pusat produksi dari rengginang

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *