Referensi Perubahan Sosial dan Faktor Lainnya

  • Bagikan
IMG 20211018 072048
ilustrasi, sumber pendidikan. go. id

Unews.idReferensi Perubahan Sosial dan Faktor Lainnya. Perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi di lembaga kemasyarakatan, mempengaruhi sistem sosial, baik dibidang sosial, nilai, ataupun perilaku antara kelompok masyarakat. Dalam kajian Sosiologi, perubahan sosial dipahami sebagai perubahan kehidupan masyarakat yang berlangsung tanpa henti.

Aktifitas masyarakat dalam kehidupan menjadi suatu keniscayaan baik hubungan sosial antara individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Adanya perubahan sosial terhadap masyarakat dilatar belakangi faktor tertentu seperti faktor intern dan ekstren.

Dilansir Encyclopadeia Britanica, perubahan sosial dalam arti luas adalah setiap perubahan dalam hubungan sosial. Arti spesifik dari perubahan sosial tergantung pada entitas sosial yang dipertimbangkan. Perubahan sosial kelompok kecil mungkin penting pada tingkat kelompok, akan tetapi dapat diabaikan ditingkat masyarakat yang lebih besar.

Referensi Perubahan Sosial dan Faktor Lainnya

Perubahan sosial dapat dikembangkan dari sejumlah sumber yang berbeda, teramsuk kontak dengan masyarakat lain. Dalam buku strategi perubahan sosial (2016) karya Irwan dan Indraddin, perubahan sosial merupakan perubahan kepada pola perilaku, hubungan sosial, lembaga, dan struktur sosial tertentu. Perubahan sosial jika menurut William F. Ogburn menyatakan, ruang lingkup perubahan sosial terdiri dari unsur-unsur kebudayaan baik material dan immaterial.

Faktor-Faktor Perubahan Sosial: 

Dinamika hubungan sosial di masyarakat, mencipatakan pola-pola perubahan sosial dari berbagai aspek. Perubahan sosial tersebut dapat mengakibatkan perubahan sosial positif dan negatif. Tentu saja dampak perubahan sosial (positif, negatif) tergantung bagaimana proses perubahan itu sendiri tercipta. Jika perubahan diciptakan sendiri oleh manusia kearah positif seperti halnya gotong royong, maka akan memiliki dampak positif terhadap masyarakat.

Sebaliknya jika perubahan sosial, diciptakan secara sengaja untuk menjatuhkan pihak lain seperti menjelek-jelekkan orang lain maka dapat menciptakan perpecahan. Faktor terjadinya perubahan sosial masyarakat relevan dengan ketidakpuasan terhadap suatu hal.

Baca Juga: Pendidikan Berbasis Multikultural

Perubahan sosial di masyarakat tidak terjadi secara instan melainkan butuh proses panjang. Tim Unews.id merangkum dari berbagai sumber tentang referensi Penyebab perubahan sosial (faktor intern dan ekstren)

Faktor Perubahan Intren : 

Penyebab perubahan intren adalah perubahan sosial, berasal dari dalam masyarakat itu sendiri. Ada beberapa faktor penyebab perubahan intern, diantaranya:

a. Perubahan Penduduk

Perubahan penduduk ditandai dengan semakin bertumbahnya jumlah penduduk pada suatu daerah, mengakibatkan keramahtamahan semakin menurun, kelompok sekunder bertambah banyak, struktur kelembagaan menjadi lebih rumit, dan bentuk perubahan lainnya.

b. Penemuan Baru

Penemuan baru juga dapat mempengaruhi terjadinya perubahan sosial. Penemuan baru bisa berupa alat, gagasan atau rangkaian ciptaan. Penemuan yang benar-benar baru disebut discovery. Penemuan baru apabila telah diterima dan diakui oleh masyarakat disebut invention.

c. Konflik Masyarakat

Adanya perbedaan persepsi yang tidak bisa dikontrol atau tidak ada yang mengalah pada suatu masyarakat, akan mengakibatkan pertikaian. Pertikaian tersebut dilandasi dengan perbedaan persepsi dan kepentingan dari setiap individu, sehingga tidak bisa disatukan persepsi dan mengakibatkan timbulnya konflik.

Baca Juga: Cara Manusia Mencapai Kebijaksanaan

Referensi Perubahan Sosial dan Faktor Lainnya

Faktor Perubahan Ekstren: 

Penyebab perubahan Sosial Ekstren merupakan perubahan berasal dari luar masyarakat. Faktor penyebab perubahan sosial tersebut berupa perubahan alam yang ada disekitar, misal perubahan alam, peperangan, pengaruh kebudayaan, dan lain sebagainya.

a. Perubahan Alam

Alam memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Alam juga menyediakan segala kebutuhan manusia dimuka bumi, baik untuk makan dan minum. Perubahan alam terjadi secara murni (alamiah) ada juga yang terjadi karena ulah manusia.

Perubahan alam terjadi secara alamiah seperti petir, gunung meletus, dan lain sebagainya. Alam terjadi akibat ulah manusia seperti halnya banjir yang diakibatkan manusia membuang sampah tidak pada tempatnya atau membuang sampah ke sungai.

b. Peperangan

Adanya peperangan di suatu wilayah juga menjadi penyebab perubahan sosial. Sudah banyak contoh dari kasus ini dari berbagai belahan dunia. Misal konflik politik antara Israel dan Palestina, memakan ribuan korban penduduk.

c. Pengaruh kebudayaan

Adanya hubungan sosial selalu terjadi dalam kehidupan masyarakat, membuat kebudayaan satu dengan kebudayaan lain bertemu dalam proses sosial baik secara asosiatif maupun dissosiatif. Pertemuan dua budaya atau lebih memiliki latar belakang berbeda. Perubahan tersebut bisa dalam bentuk akulturasi ataupun asimilasi.

Itulah ulasan singkat kami mengenai Referensi Perubahan Sosial dan Faktor Lainnya yang terjadi di masyarakat. Dalam literatur kehidupan menjadi sebuah keniscayaan terjadinya perubahan sosial. Sehingga dengan kita belajar, perubahan sosial dan faktor lainnya diharapkan berpartisipasi menjadi sosial society yang bermanfaat bagi negara. (hi/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *