Punya Plak dan Karang Gigi? Gunakan 4 Cara Alami Berikut Ini

  • Bagikan
images 4

Unews.id, Punya Plak dan Karang Gigi? Gunakan 4 Cara Alami Berikut Ini. Gigi dan mulut merupakan bagian pertama yang mengalami kontak langsung dengan makanan ataupun minuman, sehingga rentang terdapat kotoran dari sisa makanan dan minuman, terutama pada bagian gigi.

Untuk itu, apabila gigi tidak rutin dibersihkan, maka kotoran dari sisa makanan dan minuman akan menempel di celah-celah gigi. Kejadian ini dikenal dengan sebutan plak gigi.

Plak gigi yang menempel terlalu lama karena tidak dibersihkan, mengeras dan menjadi penyebab karang gigi. Keadaan tersebut bisa menjadi lebih parah lagi karena akan menjalar dan menyebabkan radang pada gusi anda.

Tentu saja hal ini sangat mengganggu, apalagi bisa mengurangi rasa percaya diri karena bau mulut yang ditumbulkan dari karang gigi tersebut.

Punya Plak dan Karang Gigi? Gunakan 4 Cara Alami Berikut Ini

Namun tidak perlu khawatir, karena plak atau karang gigi bisa dibersihkan apabila Anda rutin melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Baking Soda

Cara menghilangkan karang gigi menggunakan baking soda cukup mencampur satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam, dan hasilnya digunakan sebagai pasta gigi. Gunakan cara ini dengan rutin, tapi bukan untuk pemakaian dengan jangka waktu yang lama, karena sifat abresif yang ada dalam kandungan baking sod adapat mengikis permukaan gigi.

2. Minyak Kelapa

Oil pulling adalah merupakan terapi asal India yang dapat menghilangkan bakteri dari mulut . Untuk melakukan Oil pulling biasanya menggunakan minyak tertentu dengan waktu 10 mneit setiap harinya, di Indonesia melakukan terapi oil pulling cukup menggunakan minyak kelapa, karena pada minyak tersebut mengandung sifat anti-anti inflamasi, asam laurat, asam lemak, dan asam antimikroba serta antioksadan.

Caranya: sediakan 1 sendok makan minyak kelapa hangat di dalam mulut, kumur-kumur menggunakan minyak tersebut sekitar 5-10 menit kemudian buang.

3. Biji Wijen

Biji Wijen bisa digunakan sebagai scrub
untuk gigi lho, caranya cukup kunyah segenggam biji wijen, lalu sikat gigi dengan posisi biji wijen masih di dalam mulut. Namun biji wijennya jangan ditelan ya.

Scrub biji wijen ini membantu membersihkan noda dengan hati-hati yang ada pada gigi.

4. Daun dan Buah Jambu Biji

Perpaduan daun dan buah jambu biji diketahui efektif membersihkan karang gigi.

Caranya ambil beberapa lembar daun jambu, cuci bersih lalu kunyah. Tidak hanya itu saja, untuk hasil maksimal kamu juga perlu mengunyah jambu biji mentah yang diatasnya sudah diberi garam.

Jambu biji dipercaya dapat membantu meredekan masalah gusi karena memiliki sifat anti inflamasi.

Itulah 4 Cara Alami Menghilangkan Plak dan Karang Gigi. Semoga bermanfaat. (yn/yy).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *