Perhatikan Posisi Tidur Yang Benar

  • Bagikan
Perhatikan Posisi Tidur Yang Benar
Perhatikan Posisi Tidur Yang Benar, //Sumber Foto:Line Today

Unews.id. Perhatikan Posisi Tidur Yang Benar. Selama satu hari semalam, manusia normalnya tidur selama enam jam. Kurang dari itu berarti pola tidur kita sudah tidak normal.

Kita sebagai makhluk dengan tingkat kepadatan aktivitas sangat perlu memperhatikan pola tidur agar kesehatan terjaga. Karena menjaga kesehatan termasuk dari iman, begitulah Islam menyebutnya.

Baca Juga: Rengginang Kuliner Khas Sumenep

Di samping menjaga pola tidur, posisi tidur juga menjadi bagian  cara kita menjaga kesehatan tubuh. Hal ini harus benar-benar diperhatikan. Apabila kita salah posisi tidur, akan berdampak pada bagian organ tubuh kurang baik.

Pada dasarnya, tidur dengan posisi apapun terasa enak. Itu terlepas dari efek akhir kita rasakan setelah bangun dari tidur. Berbagai efek buruk akan mudah kita rasakan meski tidak berlangsung cepat.

Berikut beberapa posisi tidur tepat dan posisi tidur salah dilansir dari beberapa sumber:

  1. Terlentang

Posisi ini merupakan salah satu posisi favorit bagi seseorang untuk tidur. Tidur dengan posisi telentang memungkinkan Kepala, leher dan tulang leher belakang di posisi sejajar. Posisi ini akan membuat kita lebih rileks dan menikmatinya. Tidur posisi telentang juga disunahkan oleh Nabi. Di posisi ini pula memudahkan kita lebih cepat tertidur pulas.

Tidur telentang juga baik bagi asam lambung, dengan catatan,  letakkan bantal penyangga kepala dengan baik. Sayangnya posisi ini tidak baik bagi orang ketika tidur suka mendengkur dan pengidap sleep apnea.

Baca Juga:Keajaiban Mueeza, Kucing Peliharaan Rasulullah

  1. Tengkurap

Memposisikan tidur kita tengkurap ternyata juga baik untuk kesehatan. Meski ada banyak orang mengklaim cara tidur ini kurang baik, namun manurut beberapa penelitian, tidur tengkurap baik bagi seseorang yang tidurnya mendengkur, begitupun baik untuk penderita sleep apnea.

  1. Menyamping.

Cara menyamping saat tidur sudah menjadi kebiasaan setiap orang. Tidur menyamping ke kanan juga sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Dan ini merupakan salah satu cara tidur favorit Nabi Muhammad Saw.

Posisi ini diduga dapat mengoptimalkan pembuangan limbah dari otak serta menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Pengidap asam lambung, sleep apnea dan ibu yang baru melahirkan dianjurkan posisi tidur menyamping. Namun, para wanita jangan terlalu sering tidur dengan posisi ini, karena akan menyebabkan kulit mengerut dan payudara kendur.

Di bawah ini posisi tidur yang tidak tepat untuk kita lakukan:

  1. Tengkurap

Meski tidur tengkurap bisa mengurangi kemungkinan mendengkur, namun efek sampingnya justru lebih besar. Cara tidur ini akan menyebabkan ngilu pada tulang leher dan mengurangi kenyamanan tidur. Perempuan hamil sangat tidak disarankan tidur menggunakan cara ini

  1. Tidur posisi bayi

Jika belum tahu, tidur posisi bayi yaitu menekuk lutut sampai setara dada, membungkukkan badan ke bawah. Tidur cara ini menurut National Sleep Foundation merupakan kesukaan orang dewasa. Namun sayangnya akan menyebabkan penyumbatan saluran pernapasan, sehingga mengurangi kualitas tidur seseorang.

  1. Tidur tanpa bantal

Perlu diingat, bantal diciptakan bukan hanya digunakan bersantai saja. Lebih dari itu, bantal diutamakan bagi orang yang hendak tidur. Jika seseorang tidur tanpa memakai bantal beberapa hal akan dirasakan antara lain, mudah keluar air liur, pusing ketika terbangun, memudahkan debu masuk karena posisi hidup yang sangat rendah.

Bagi teman-teman, jagalah kesehatan kita salah satunya dengan memperhatikan posisi tidur setiap harinya.(Af//Yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *