Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Wajah Pria

  • Bagikan
ilustrasi wajah pria berjerawat (Foto : Merdeka.com)
ilustrasi wajah pria berjerawat (Foto : Merdeka.com)

Unews.id, Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Wajah Pria. Jerawat pada dasarnya adalah peradangan kulit yang mengenai kelenjar sebum dan folikel rambut akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Jerawat dapat muncul di mana saja, sepanjang terdapat kelenjar sebum dan folikel rambut.

Jerawat termasuk masalah kulit yang bisa dialami oleh perempuan dan laki-laki. Banyak faktor yang bisa jadi penyebab munculnya jerawat, seperti faktor kebersihan, genetik, hormonal dan bakteri. Berbeda dengan perempuan yang kemunculan jerawat dipengaruhi oleh siklus menstruasi, pada laki-laki jerawat akan terus ada selama belum mendapatkan pengobatan.

Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Wajah Pria

Mari kenali apa saja yang menjadi penyebab kemunculan jerawat pada pria.

  1. Masalah hormonal

Seperti pada wanita, jerawat pada pria juga bisa disebabkan oleh masalah hormonal.

“Masalah hormonal bisa menjadi penyebab jerawat juga pada pria. Kalau misalnya hormon dalam tubuh tidak seimbang, akhirnya itu bisa memproduksi banyak minyak. Itulah yang menyebabkan akhirnya pria menjadi berjerawat,” ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

  1. Kebersihan

“Pria biasanya lebih cuek soal kebersihan wajah dibanding wanita. Kalau wanita, sebelum tidur akan cuci muka. Nah, pria jarang sekali memperhatikan ini. Pada akhirnya, muka yang kotor bisa menyebabkan masalah jerawat,” kata dr. Theresia.

  1. Aktivitas pria

Menurut dr. Theresia, biasanya pria punya aktivitas yang lebih berkeringat, entah karena pekerjaan atau aktivitas lainnya seperti naik motor atau kendaraan umum. Karena keringat lebih banyak, lalu dikombinasikan dengan debu dan kebiasaan malas membersihkan wajah, akhirnya pori-pori tertutup, sehingga mengakibatkan pria gampang berjerawat.

Untuk sebagian besar orang baik pria maupun wanita  perubahan hormon dapat memicu tumbuhnya jerawat. Hormon-hormon tersebut memproduksi minyak yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga membuat bakteri tumbuh.

Demikian penyebab timbulnya jerawat pada wajah pria. Selain itu, penyebab jerawat pada pria lainnya adalah karena kurangnya kesadaran atau kedisplinan dalam merawat kulit. Padahal, merawat kulit sama sekali tidak mengurangi cerminan maskulinitas, lho, apalagi produk yang dikhususkan untuk pria sudah banyak sekali. Karenanya, bagi para pria, terutama yang sibuk dan aktif di luar ruangan dan terpapar debu, yuk lebih peduli dengan kebersihan kulit agar bebas dari jerawat dan imbangi juga dengan olahraga yang cukup, pola makan sehat, dan selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Hal itu untuk mengurangi penyebab timbulnya jerawat pada pria.

Penulis: FitrotusEditor: Redaksi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *