Radio Kasihku FM Bumiayu sebagai media efektif untuk memasang iklan

- Rabu, 25 Januari 2023 | 17:35 WIB
Foto: Bara Maulana Mizhollah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban (For Unews)
Foto: Bara Maulana Mizhollah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban (For Unews)

Oleh

Bara Maulana Mizhollah

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Universitas Peradaban

 

UNEWS.ID - Radio Kasihku FM merupakan media massa yang berfokus pada informasi kebudayaan, ekonomi, pendidikan, dan musik, terutama musik dengan sentuhan budaya lokal dan tembang kenangan. Radio ini didirikan pada tanggal 12 Oktober 1989, usianya kini sudah mencapai 33 tahun. 

Bapak Abdul Karim Nagib adalah pendiri dari Radio Kasihku FM pada tahun 1989 yang saat itu masih menggunakan frekuensi AM 963 KHz. Kemudian Radio Kasihku resmi mengalami perpindahan frekuensi dari AM ke FM pada tahun 2010. Didirikannya Radio ini dengan harapan bisa menjadi alternatif media informasi, ekonomi, pendidikan, budaya serta hiburan bagi masyarakat Brebes Selatan.

Selama 33 tahun Radio Kasihku berdiri, sudah mengalami 4 kali pergantian manajemen. Saat ini Radio Kasihku di miliki oleh bapak Nur Haqiqi dan Ibu Lailatul Ainiyah yang berasal dari Ketanggungan, Brebes. Radio Kasihku memilki 3 orang penyiar, yaitu Parjo, Ozan, serta Reva. 

Baca Juga: Info jadwal tes CPNS 2023, benarkah 25 Agustus – 4 Oktober 2023? Simak selengkapnya

Dan seorang Direktur yakni, Salim yang memiliki peran mengatur segala macam teknis atau pengoperasian yang ada di Radio Kasihku. Namun, terkadang seorang Direkturnya pun turut melakukan siaran jika salah satu penyiarnya tidak dapat hadir untuk melakukan siaran karena berhalangan ataupun sakit.

Radio Kasihku FM berada pada gelombang 106.9 FM dan mempunyai sebuah tag line yaitu "Jen Kayong Kemutan Bae" yang berarti "duh keinget terus" dengan harapan dapat mempunyai ruang di telinga para pendengarnya. Beberapa program unggulan yang terdapat di Radio Kasihku seperti Kajian Pagi, Konvoi Dangdut, Zona Tarling, Goser (Goyang Sore), Wayangan, dan Zona Kenangan. 

Di setiap program-program nya tersebut, memilki pendengar setianya masing-masing. Selain program-program nya yang menghibur, di Radio Kasihku juga kerap kali terdapat iklan yang bersliweran pada saat siaran berlangsung.

Baca Juga: Nasib 2,1 juta honorer akan berakhir 28 November 2023? DPR minta tinjau ulang, MenPAN RB bagikan alternatif ..

Nah tulisan ini akan membahas tentang periklanan yang ada di Radio Kasihku. Iklan di Radio Kasihku memiliki dua macam, iklan Spot dan iklan Adlips. Iklan Spot adalah iklan yang berupa narasi atau percakapan berdurasi 60 detik serta disertai sound effect dalam menginformasikan produk yang diiklankan. 

Halaman:

Editor: Hanafi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X