Pendidikan Formal dan Peran Madrasah Sebagai Non Formal

  • Bagikan
IMG 20211027 140943
ilustrasi pendidikan madrasah, sumber foto suara.com

Unews.idPendidikan Formal Hingga Peran Madrasah Sebagai Non Formal. Perkembangan zaman semakin pesat memberikan dampak signifikan terhadap perubahan sosial. Perubahan sosial yang datangnya dari luar (asing) ialah keniscayaan realitas hari ini.

Terutama bagi generasi muda sangat rentan akan pengaruh factor luar yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur maupun cita-cita bangsa dan agama. Bagi generasi muda Islam sebagai representasi 20 tahun ke depan yakni wajah Islam akan dikemanakan. Hal inilah menjadi tantangan sendiri dan membutuhkan pijakan agar dapat mengontrol regenerasi.

Pendidikan adalah sebagai upaya untuk menangkal pengaruh luar sekaligus rekontruksi serta transformasi keilmuan agar tetap mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Pendidikan terdiri dari 3 macam yaitu pendidikan formal, informal dan non formal. Ketiga macam tersebut sangat berperan penting dalam membentuk pola pikir dan karakter anak-anak terutama generasi Islam.

Pendidikan Formal dan Peran Madrasah Sebagai Non Formal

a. Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga perguruan tinggi.

b. Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Seperti pendidikan yang ada di keluarga bagaimana tentang sopan-santun terhadap orang tua.c. endidikan

c. Pendidikan non formal yakni meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik. Seperti kelompok bermain, madrasah, kursus/ lembaga pelatihan dan lain lain.

Untuk dapat meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik tidak cukup melalui pendidikan formal dan informal. Peran pendidikan non formal sangat penting sebagai penguat karakter dari anak-anak.

Madarasah sebagai pendidikan non formal memiliki peranan yang sangat penting guna membangun karakter generasi Islam sehingga pondasi nasionalis dan religiusnya tidak tercerabut dengan pengaruh kebudayaan luar.

Peran Madarasah:

a. Membentuk watak beriman

Di madrasah secara total akan belajar ilmu tentang keislaman. Keseluruhan mata pelajarannya mata pelajaran agama Islam yang memungkinkan peserta didiknya menguasai materi ilmu agama secara baik dikarenakan padat dan lengkapnya materi ilmu agama yang disaji. Sehingga watak anak didik dalam keimanannya akan terbentuk.

b. Pandai bahasa asing (arab)

Keutamaan bermadrasah ialah anak-anak dituntut untuk mengerti Bahasa Arab. Sebab Bahasa Arab sudah menjadi konsumsi mata pelajaran setiap hari

c. Paham ilmu tajwid dengan benar

Tajwid adalah ilmu untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Setiap huruf Arab memiliki Makhraj (titik keluar atau artikulasi dari mana asalnya) dan Sifaat (atribut atau karakteristik). Mengetahui Makhraj dan Sifaat setiap huruf adalah bagian penting dari tajwid. Di madarasah setiap hari akan belajar ilmu tajwid yang benar.

d. Dicintai Allah

Dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiallahu ‘anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين

“Barangsiapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan maka Dia akan memahamkan baginya agama (Islam).”

e. Terhindar dari liberalisme

Paham liberalisme adalah paham yang tidak percaya adanya Tuhan. Mereka hidup bebas tanpa ketentuan norma agama yang berlaku. Dengan bermadarasah anak-anak didik diharap akan terbebas dari paham ini.

Itulah, Pendidikan Formal dan Peran Madrasah Sebagai Non Formal. Semoga penjelasan singkat ini dapat memberikan manfaat bagi pembacanya. Amin. (hi/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *