Patuh Lalu Lintas Untuk Keselamatan Berkendara

  • Bagikan
images 16

Unews.id, Patuh Lalu Lintas Untuk Keselamatan Berkendara Mematuhi lalu lintas merupakan cara seseorang mengikuti hukum yang ada di Indonesia.

Pemerintah mengatur undang-undang lalu lintas bertujuan menjaga keselamatan berkendara tiap warga negaranya.

Peraturan mengenai patuh lalu lintas harus kita lakukan demi merealisasikan program keselamatan dari pemerintah, selain juga untuk menjaga keselamatan saat kita berkendara.

Patuh Lalu Lintas Untuk Keselamatan Berkendara

Sudah banyak kecelakaan dalam berkendara yang dialami oleh setiap orang di seluruh wilayah Indonesia. Kecelakaan tersebut tidak lain terjadi karena ada unsur kelalaian dari kita sendiri sebagai pengendara.

Maka dari itu, undang-undang ini dibuat untuk kita patuhi.

Undang-undang No. 22 tahun 2009 mengandung peraturan khusus tentang lalu lintas. Di dalamnya mencakup kita agar mampu menerapkan sistem lalu lintas yang ada.

Baca Juga: Bahaya Minuman Soda, No 4 Paling Parah

Adapun pertimbangan sehingga melatarbelakangi pengesahan UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah:

1. Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi nasional sebagai bagian dari upaya memajukan kesejahteraan umum sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

2. Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagai bagian dari sistem transportasi nasional harus dikembangkan potensi dan perannya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas dan Angkutan Jalan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi dan pengembangan wilayah;

3. Perkembangan lingkungan strategis nasional dan internasional menuntut penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, otonomi daerah, serta akuntabilitas penyelenggaraan negara;

Baca Juga: Khasiat Belut, Makanan Berprotein Tinggi 

4. bahwa Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi, perubahan lingkungan strategis, dan kebutuhan penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan saat ini sehingga perlu diganti dengan undang-undang yang baru;

5. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d perlu membentuk Undang-Undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan;

Dasar Hukum

Dasar hukum UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah Pasal 5 ayat (1) serta Pasal 20 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Patuh Lalu Lintas Untuk Keselamatan Berkendara

Adanya undang-undang di atas beserta turunannya, menuntut kita supaya mampu menerapkan dengan selayaknya, agar kita bisa berkendara dengan aman, sampai pada tujuan dalam keadaan selamat.

Peraturan tersebut dicetuskan untuk kepentingan berkendara setiap warga negara, sehingga keselamatan menjadi titik utama adanya undang-undang di atas.

Semoga bermanfaat dan mampu menyadarkan kita selaku pengguna jalan raya, baik roda dua atau kendaran berat lainnya. Keselamatan kita penting untuk kita sendiri, selain itu ada keluarga menunggu kita pulang dengan baik.(af//yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *