Nostalgia: Kenikmatan Masa Muda

  • Bagikan
Kenikmatan Di Masa Muda (Nostalgia)
Kenikmatan Di Masa Muda (Nostalgia), /Sumber foto: IDN Times

Unews.id, Nostalgia: Kenikmatan Masa Muda. Masa muda merupakan kondisi di mana seseorang hanya berpikir untuk bersenang-senang. Banyak dari muda menghabiskan kehidupannya dengan kumpul bersama teman, konvoi, bermain game online dan banyak lagi keseruan dikukan.

Secara psikologis, muda cenderung lebih menyukai tantangan, hal-hal baru dan tidak ingin berpikir berat-berat. Masa muda identik dengan kesenangan saja.

Beberapa kesempatan lalu, KH. Musleh Adnan menyampaikan dalam ceramahnya, “seorang pemuda hidup di jamannya yang penuh kegilaan. Hal itu tidak bisa dibuat heran. Jika seorang pemuda sudah tidak gila berarti dia sudah masuk umur dewasa.” Ucap Beliau di salah satu  kesempatan ceramah, memperingati malam Lailatul Qadar, Desa Lenteng Barat, Kabupaten Sumenep.

Baca Juga: Manfaat Berjemur Di Pagi Hari

Nostalgia: Kenikmatan Masa Muda

Dari kutipan ceramah di atas, terlebih dulu kita bahas perbedaan antara pemuda dan remaja.

Dalam buku Psikologi Pemuda karya Sirot Fajar, Dengan mengutip pendapat pakar Sosiologi Kenneth Kenniston, penulis menyimpulkan perbedaan antara keduanya.

Pemuda: seseorang dengan upaya membangun pribadi yang mandiri, mampu terlibat secara sosial.

Remaja:  seseorang yang berusaha mendefinisikan dirinya. Itu sebabnya rata-rata pembahasan tentang remaja lebih banyak tentang konsep diri, identitas, dll.

Bisa disimpulkan, masa muda terlihat lebih banyak tantangan psikologis karena berada dalam proses membangun kepribadian di samping itu berada di tingkat egoisme tinggi.

Nostalgia: Kenikmatan Masa Muda

Beberapa orang di seluruh dunia, merasakan pen yes Alan teramat besar di masa tuanya ketika masa mudanya kurang bahagia.

Baca Juga: Tips Hilangkan Plak Membandel Pada Gigi

Satu contoh, banyak terjadi peristiwa bunuh diri dan itu dilakukan oleh kebanyakan pemuda, baik laki-laki atau perempuan. Mereka melakukan hal demikian karena frustasi tinggi, terlalu banyak memiliki keinginan yang sulit digapai, serta urusan asmara jadi latar belakang utama banyak dari pemuda memutuskan bunuh diri.

Tidak merasakan banyak pengalaman di masa muda membuat seseorang akan tumpul di masa tuanya. Maksudnya, sesuatu yang terjadi datang saat masa tua, lahir dari apapun di waktu muda kita.

Pengaruhnya antara lain dari sikap, cara bersosialisasi dengan lingkungan, cara menentukan pilihan dan sebagainya.

Ada yang mengatakan, masa ini merupakan keadaan di mana seseorang akan sempurna jika di masa mudanya bahagia.

Justru sebaliknya. Seorang pemuda seharusnya dituntut agar tidak hanya bersenang-senang, menikmati uforia bersama teman. Itu salah.

Di masa muda, kita harus lebih energik melakukan apapun agar bisa kita persiapkan di waktu tua kita nanti. Bahkan, jika kehidupan muda-mudi hanya dihiasi leha-leha, di masa tuanya pasti akan menuai penyesalan besar.

Produktivitas seorang pemuda menjadi cikal bakal kesuksesan pada kesempatan hidup selanjutnya. Salah satu kelebihan pemuda yaitu sensitifitas berpikir begitu kuat.

Mereka cenderung peka terhadap keadaan sekitar dan berani melakukan tindakan menyikapi kondisi apapun.(Af.Yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *