Waduh! MenPAN RB bagikan 3 alternatif kepada 1,1 juta honorer non ASN 2023, diangkat atau diberhentikan?

- Rabu, 25 Januari 2023 | 11:22 WIB
Penting untuk diperhatikan. MenPAN RB berikan tips 3 alternatif kepada 1,1 juta Honorer non ASN 2023, diangkat atau diberhentikan? (Instagram@pnsberhijab)
Penting untuk diperhatikan. MenPAN RB berikan tips 3 alternatif kepada 1,1 juta Honorer non ASN 2023, diangkat atau diberhentikan? (Instagram@pnsberhijab)

UNEWS.ID - Tiga solusi alternatif akan dibagikan kepada 1,1 juta tenaga honorer non ASN 2023 oleh MenPAN RB sebagai jawaban dari adanya ketidak pastian antara diangkat atau dihentikan.

Sedangkan terkait rencana tenaga honorer non ASN yang akan diberhentikan sudah ada pada surat edaran yang telah ditandatangani oleh Tjahjo Kumolo selaku MenPAN.

Nasib kejelasan tenaga honorer non ASN sepertinya ada pada Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 dan juga pasal 6 dalam UU Nomor 5 Tahun 2014.

Baca Juga: Aturan baru gaji honorer 2023, besaran honorarium non-ASN berbagai Provinsi Bangka Belitung hingga Jawa Timur

Di mana dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa pegawai ASN terdiri dari PNS dan PPPK, oleh karen aitu MenPAN RB membagikan tiga alternatif kepada tenaga honorer non ASN.

Dari tiga solusi alternatif tersebut akan dijadikan acuan bagi tenaga honorer non ASN yang jumlahnya terbilang sangat banyak jika harus di berhentikan.

Pasalnya jika berbicara terkait pengahapusan, maka sebenarnya sejak 2005 pemerintah sudah memberitahukan akan penghapusan tersebut.

Baca Juga: Alhamdulillah berkah! nasib tenaga honorer 2023 dingin PNS diangkat tanpa tes, Yes!

Tenaga honorer non ASN juga disuruh siap-siap oleh MenPAN RB terkait adanya penghapusan tepatnya di tahun 2001.

Namun pada tahun 2007 ada keputusan baru terkait pengangkatan tenga honorer non ASN menjadi ASN yaitu PNS.

Pengangkatan tersebut berdasarkan seleksi adminstrasi di tahun 2012 mampu mendatangkan tenaga honorer dengan jumlah sebelas kali lipat lebih banyak dari sebelumnya.

Baca Juga: LOKER BUMN terbaru! Perum LKBN Antara buka 15 posisi untuk fresh graduate semua jurusan

Sampai akhirnya jumlah kembali membeludak di tahun 2022 kemaren yang mana terdapat data dari PAN RB hampir sebesar tiga kali lipat jumlah tenaga honorer yang sudah ada.

Data tersebut berjumlah 1.027.092 tenaga honorer yang akhirnya digadang-gadang akan dihapus pada tanggal 28 November 2023.

Halaman:

Editor: Hanafi

Sumber: Menpan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X