Upaya Pemenuhan Kebutuhan Guru dan Tenaga Kesehatan, Menpan RB, Mendikbud Ristek Rancang Pengadaan ASN 2023

- Kamis, 1 Desember 2022 | 06:35 WIB
Foto: Menpan RB Anwar Anas saat memberikan arahan di rakor pengadaan ASN 2023 (Menpan RB)
Foto: Menpan RB Anwar Anas saat memberikan arahan di rakor pengadaan ASN 2023 (Menpan RB)

UNEWS.ID - Memasuki tahun baru 2023 pemerintah sudah melakukan berbagai tindakan demi menindaklanjuti kebutuhan Pengadaan ASN 2023. 

Pengadaan ASN merupakan kegiatan untuk mengisi formasi yang sedang lowong. 

Pada umumnya formasi yang lowong disebabkan adanya PNS yang berhenti, pensiun, meninggal dunia atau adanya perluasan organisasi.

Baca Juga: Hore! Awal Tahun 2023, TPP Guru Akan Cair di Rekening Melalui Pemda, Pengganti Sertifikasi Dihapus 

Sehingga formasi yang lowong perlu diisi oleh yang update update agar berjalan kontinu dan maksimal. 

Kemenpam RB, Kemenkes di dalam kementerian negara terus melakukan upaya yang solutif yang dijalankan oleh pemerintah RI.  

Langkah pemerintah adalah melaksanakan Rapat Koordinasi Rencana Pengadaan ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah Tahun 2023 pada Rabu, (30/11/2023) kemarin. 

Baca Juga: Berikut Pernyataan Tidak Termasuk Kriteria Pemahaman Bermakna Adalah? Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran

Pengadaan ASN di lingkungan instansi pemerintah untuk tahun 2023 tersebut difokuskan pada pemberi pelayanan dasar seperti tenaga guru dan kesehatan.

Diketahui, lewat pengadaan ASN 2023 tersebut, pemerintah sedang berusaha memenuhi target kebutuhan guru dan tenaga kesehatan di seluruh wilayah nusantara.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menjelaskan tentang fokus pengadaan ASN 2023.

Baca Juga: Resep Kue Bolu Macan, Camilan Lembut dan Lezat Sangat Cocok Buat Teman Santai Malam Anda

"Pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas, dan kita bahas hari ini bersama Pak Nadiem Makarim dan Pak Budi Gunadi Sadikin. Tentu sektor lain juga kita siapkan formasinya,” kata dia menegaskan dikutip Unews dari Menpan RB

Di sisi lain, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan tentang pentingnya komitmen pemerintah daerah untuk mengajukan formasi yang sesuai kebutuhan. 

Halaman:

Editor: Hanafi

Sumber: Menpan RB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X