• Selasa, 31 Januari 2023

Tragedi Kanjuruhan Berdarah, PB HMI Desak Menpora RI dan Ketua Umum PSSI Mundur

- Senin, 3 Oktober 2022 | 16:50 WIB
Foto: Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan  (Dok. PSSI)
Foto: Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (Dok. PSSI)

UNEWS.ID - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO) Pimpinan Ketua Umum Affandi Ismail Hasan mendesak agar Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan, mundur dari jabatannya. 

Ary Kapitang selaku Ketua Komisi Pemuda, Kemahasiswaan dan Olahraga PB HMI MPO mengatakan, hal tersebut sebagai sikap respek dan kesatria dan tanggung jawab moral terhadap tragedi tewasnya ratusan suporter Arema Malang, di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (01/11/2022) malam.

Baca Juga: LKBHMI Cabang Surabaya Keluarkan Statement Terkait Tragedi Kanjuruhan

"Kepada semua pihak yang telah menyebabkan ratusan nyawa meninggal, harus bertanggung jawab, terlebih Menpora dan Ketua Umum PSSI selaku stakeholder tertinggi," kata Ary dalam keterangan tertulisnya. Senin, (03/10/2022). 

Apalagi lanjut Ary, informasi yang sebelumnya beredar panitia pelaksana telah memaksakan diri agar pertandingan digelar malam hari, padahal kata dia, sudah diusulkan untuk diadakan sore hari,  kelebihan jumlah penonton juga bisa menjadi penyebab tragedi itu. 

Baca Juga: Resmi, Surya Paloh Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Capres pada Pemilu 2024 Mewakili NasDem

Ary Kapitang, mengatakan tragedi ini adalah tragedi paling buruk yang terjadi dalam sejarah sepak bola tanah air dan dunia internasional. 

Tragedi ini lanjut Ary, berdampak buruk terhadap sepakbola tanah air, terlebih Indonesia pada tahun 2023 mendatang menjadi tuan rumah piala dunia U-20.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Telan Ratusan Korban Jiwa, Aktivis P3K Minta Kapolri Copot Kapolda Jatim & Kapolres Malang

Halaman:

Editor: Bambang Eko W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X