• Kamis, 1 Desember 2022

Tragedi Kanjuruhan Telan Ratusan Korban Jiwa, Aktivis P3K Minta Kapolri Copot Kapolda Jatim & Kapolres Malang

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:15 WIB
Foto: Personil Kepolisian saat mengamankan suporter Aremania karena ricuh pada laga Derby Jatim Arema vs Persebaya, Sabtu (01/10/22)  (Antara Foto - Aribowo Sucipto)
Foto: Personil Kepolisian saat mengamankan suporter Aremania karena ricuh pada laga Derby Jatim Arema vs Persebaya, Sabtu (01/10/22) (Antara Foto - Aribowo Sucipto)

UNEWS.ID - Ketua Perkumpulan Pemuda Pengawal Keadilan (P3K) Provinsi Jawa Timur, Basri meminta Kapolri pimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolda Jatim dan Kapolres Malang.  

Hal itu buntut menyikapi Tragedi Kanjuruhan dalam Laga Derby Jatim antara Arema FC vs Persebaya Surabaya yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang berakhir rusuh pada Sabtu 01 Oktober 2022.

Pasalnya dalam insiden Tragedi Kanjuruhan itu menelan ratusan korban jiwa lebih yang tewas atau meninggal dunia. 

Basri selaku Ketua P3K menilai Kapolda Jatim dan Kapolres Malang gagal dalam melaksanakan pengamanan duel super big match itu sehingga memakan insiden korban jiwa. 

Foto: Ketua P3K, Basri saat diwawancari oleh sejumlah awak media (Dokumen Unews)

Baca Juga: Laga Arema vs Persebaya Telan Korban Jiwa di Liga 1 2022, Ketua AMI Minta Polisi dan PSSI Segera Selidiki

"Harusnya protapnya itu sudah disiapkan lebih awal dan matang, kalau sudah terjadi seperti ini adalah langkah yang salah. Sebab kejadian itu bukan antar suporter," kata Basri aktivis P3K sekaligus mahasiswa Pascasarjana di salah satu kampus ternama di Kota Malang itu kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya. Minggu, (02/10/2022).  

Aktivis HMI itu juga berharap bahwa Kapolri bertindak tegas dalam kejadian ini mengingat ratusan korban melayang.

"Bukankah menggunakan gas air mata itu di larang oleh FIFA. Tidak hanya itu kami minta kepada presiden untuk meng-evaluasi jajaran pengamanan yang bertugas, kalau perlu pidanakan Panpel (Panitia Pelaksana)," pinta Basri

Halaman:

Editor: Bambang Eko W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X