Menyembuhkan Penyakit, Daun Sirih Bisa Dijadikan Alternatif Pembuatan Hand Sanitizer

  • Bagikan
daun sirih hijau
Daun Sirih (Istimewa)

Unews.id – Selain dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit, ekstrak daun sirih juga dapat dijadikan alternatif bahan pembuat hand sanitizer.

1. Alternatif hand sanitizer

Mengutip situs Universitas Airlangga, Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Unair (FFFU), Dr Retno Sari MSc Apt menjelaskan cara membuat hand sanitizer dari daun sirih, caranya yakni:

• Potong kasar daun sirih dan masukkan ke wadah.
• Ambil panci untuk merebus air bersama daun sirih yang telah dipotong-potong.
• Rebus selama sekitar 30 menit hingga ekstrak sirihnya keluar.
• Ekstrak daun sirih tak perlu digunakan semuanya. Kita bisa mengambil seperlunya, misalnya 10 ml, lalu encerkan dengan air.
• Masukkan ke botol dan hand sanitizer dapat digunakan.

2. Meredakan batuk

Rebusan daun sirih yang dioleskan di dada diyakini dapat membantu mengatasi sesak yang terjadi di paru-paru. Rasanya yang hangat dan pedas juga diyakini mampu mengatasi batuk berdahak ketika dikonsumsi bersama madu.

Untuk membantu mengobati batuk, siapkan empat lembar daun sirih, kemudian rebus bersama dua gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, gunakan rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur. Ulangi hingga batuk sembuh.

Cara lainnya adalah mengiris empat lembar daun sirih, kemudian rebus bersama tiga lembar daun widoro upas dan dua gelas air. Biarkan mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

3. Mengatasi keputihan

Rebusan daun sirih memang dapat membersihkan area luar kewanitaan karena kandungan antiseptiknya yang dapat membantu membunuh kuman.

Salah satu khasiat daun sirih untuk wanita adalah membantu mengatasi keputihan. Membasuh area kewanitaan dengan rebusan daun sirih diyakini mampu mengatasi masalah tersebut.

Namun, untuk kasus berbau menyengat parah, menggunakan rebusan daun sirih saja tidak cukup, melainkan dibutuhkan pengobatan menggunakan antibiotik.

Untuk mendapatkan manfaat rebusan daun sirih, siapkan tujuh hingga 10 lembar sirih. Kemudian, rebus daun sirih bersama 2,5 liter air hingga mendidih. Dalam keadaan masih hangat, gunakan rebusan daun sirih untuk membasuh atau membersihkan area luar kewanitaan secara berulang.

4. Membantu mengatasi infeksi pencernaan

Sejumlah penelitian menemukan bahwa manfaat daun sirih bisa membantu mengatasi masalah pencernaan akibat infeksi. Daun sirih diyakini dapat menghambat pembentukan luka di lambung, meningkatkan produksi lendir lambung dan mengurangi volume sekresi asam lambung.

Fitokimia dan polifenol yang terkandung di dalam daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti-ulserogenik yang melindungi lapisan dalam usus terhadap racun dan iritasi lainnya. Daun sirih juga diyakini mampu meredakan diare.

Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan empat hingga enam lembar daun sirih, enam biji lada, dan satu sendok makan minyak kelapa. Kemudian, tumbuk semua bahan tersebut hingga halus. Lalu, gosokkan pada bagian perut.

5. Mengatasi mimisan

Salah satu manfaat daun sirih yang paling dikenal adalah untuk menghentikan pendarahan. Salah satunya adalah untuk mengatasi kasus pendarahan hidung atau mimisan.

Untuk mengobati mimisan, ambil selembar daun sirih. Kemudian, gulung daun sambil ditekan-tekan agar minyaknya keluar. Gunakan gulungan daun sirih tersebut untuk menyumbat hidung yang mimisan.

6. Meredakan alergi atau biduran

Agen antimikroba yang terkandung di dalam daun sirih diyakini dapat membantu meredakan masalah kulit, seperti alergi, ruam, atau biduran. Agen antimikroba yang terkandung di dalam daun sirih diyakini dapat membantu meredakan masalah kulit, seperti alergi, ruam, atau biduran.

Untuk mengatasi alergi atau biduran, siapkan enam lembar daun sirih, satu potong jahe kuning, dan 1,5 sendok minyak kayu putih. Kemudian, tumbuk semua bahan tersebut hingga halus dan oleskan pada bagian tubuh yang gatal-gatal. (val/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *