Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

  • Bagikan
Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan
Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, //Sumber Foto: Klikdokter.

Unews.id. Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan. Indonesia menjadi salah satu ngara dengan dua musim musim kemarau dan musim hujan. Dua musim ini bergantian menyeseuaikan bulan-bulan tertentu. Biasanya, di bulang januari sampai tiga bulan selanjutnya waktu musim kemarau.

Sedangakan untuk sisa bulan selanjutnya, akan diisi musim hujan. Hal ini tidak dapat dijadikan patokan karena terkadang ada beberapa bulan yang tidak tentu musimnya apa. Ini dikatakan dengan musim pancaroba.
Ketika musim hujan datang, msyarakat Indonesia yang rata-rata peerjaan utamanya petani akan menyambut baik musim ini.

Baca Juga:Tafsir Mimpi Orang yang Disukai Menurut Primbon Jawa

Bagi sebagian besar msyarakat, hujan merupakan peristiwa alam ringan yang sudah biasa dirasakan. Beberapa keadaan harus siap dihadapi di antaranya setiap hari akan terasa mendung, suasana selalu diselimuti dingin sehingga harus pandai menjaga kesehatan tubuh.

Tidak menutup kemungkinan, di musim penghujan ini, dibeberapa daerah Indonesia akan mengalami kabut akibat embun setelah hujan, utamanya di waktu pagi hari.

Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Berikut akan dijelaskan beberapa cara bisa kita lakukan ketika sampai musim penghujan:

1. Perbanyakalah mengkonsumsi makanan dan minuman hangat
Ketika keadaan tubuh kita sedang tidak stabil, apalagi saat musim hujan tiba, kita harus benar-benar mampu menjaga stabilitas kesehatan tubuh setiap harinya. Semua ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman hangat.

Mengkonsumsi yang hangat-hangat akan menurunkan hawa dingin tubuh seseorang. Energi hangat atau bahkan panas disalurkan ke seluruh tubuh melalui suhu dari sesuatu yang kita konsumsi, baik cair atau padat.

Baca Juga: Warnanya Indah Memukau, Jenis Lovebird Ini Tak Pernah Kehabisan Penggemar

2. Pakailah kain tebal
Di manapun, kapanpun dan sedang dalam keadaan apapun, kita harus mengenakan pakaian yang agak tebal untuk menghangatkan tubuh kita. Apalagi ketika kita dalam perjalanan dekat atau jauh, baiknya kita mengenakan pakaian tebal.

Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

3. Segera mandi setelah terkena hujan
Setiap harinya, kita tidak terlepas dari kegiatan di luar rumah. Sering terjadi seseorang saat berada di luar ingin cepat sampai. Hingga akhirnya, menerobos hujan adalah jalan satu-satunya. Keadaan tubuh setelah kita terkena hujan pastinya memiliki suhu di bawah 35 derajat selcius. Di keadaan tersebut kita akan terasa menggigil.

Yang bisa kita lakukan yaitu dengan segera mandi ketika sudah sampai di rumah. Mengguyurkan air secepat mungkin setelah kita terkena hujan dipercaya akan meredam rasa dingin di tubuh.
Ini terjadi karena, suhu dari hujan lebih rendah dari suhu air di kamar mandi. Apalagi saat kita menerobos hujan dengan guyuran airnya yang dingin juga ditambah angin yang membentur tubuh kita.

4. Memakai selimut ketika tidur
Selain juga harus mengenakan pakaian berbahan tebal, baik ketika sedang melakukan sesuatu atau tidak, keadaan tidurpun harus kita jaga pada masa penghujan. Jika tidak, tubuh kita gampang dimasuki hawa dingin yang terbentuk dari suhu sekitar kita.

“Sayangi tubuh kita, karena kesehatan merupakan nikmat terbesar pemberina Sang Pencipta.” Kalimat tersebut mungkin bisa membuat teman-teman lebih menjaga kesehatan apalagi saat musim penghujan saat ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *