Mengenal Varietas Jambu Air Madura, hm..Manisnya Berasa Banget!

  • Bagikan
Mengenal Varietas Jambu Air Madura, hm..Manisnya Berasa Banget!
Mengenal Varietas Jambu Air Madura, hm..Manisnya Berasa Banget! - Istimewa

Unews.idVarietas Jambu Air Madura. Keanekaragaman Tanaman di Indonesia, menghasilkan Sumber Daya Alam (SDA) yang banyak memberikan manfaat penting dalam dunia perekonomian dan kesehatan kita. Salah satu jenis flora yang banyak kita temui dilingkungan sekitar yakni Syzygium Aqueum yang merupakan tanaman asal suku jambu-jambuan (myrtaceae). Dibumi Zamrud Khatulistiwa tanaman ini dikenal dengan sebutan Jambu Air.

Kandungan kadar dan komposisi gizi Jambu Air per 100 gram bagian apabila dimakan, memiliki jumlah kalori 68 kJ (17 kcal), protein 0,8 gram, lemak 0,1 gram, karbohidrat 3 gram, abu 0,7 gram, thiamin dan ragam jenis vitamin lainnya.

Jambu Air sering dikonsumsi langsung tanpa diolah. Kayunya keras kemerahan dan biasanya digunakan untuk konstruksi atau kerajinan. Dihawai air rebusan kulit Syzygium Aqueum ini dipercaya memiliki khasiat sebagai adstringent (salah satu produk skincare berbasis air)

Selain itu, kandungan serat pada Jambu Air ini juga dapat mengenyangkan isi perut kita, sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Baca Juga: Tiga Jenis Flora dan Fauna di Bumi Nusantara

Varietas Jambu Air Madura merupakan jenis tanaman lokal yang berasal dari desa Camplong, Sampang, Madura, Jawa Timur. Variasi Jambu Air Khas Madura ini memiliki ciri-ciri berwarna merah dan putih, tergantung jenis warna kulit buahnya. Keduanya sama-sama jenis Jambu Air Unggulan. Tanaman ini tumbuh kuat, lebat dan berbuah sepanjang tahun.

Jambu Air Madura merah memiliki tekstur daging buah halus, rasanya manis, dan terasa empuk bila digigit, kulit buah berwarna merah agak menyala dengan garis-garis hijau kecoklatan. Buahnya berbentuk agak bulat dan nampak segitiga.

Bobot buah jambu air, berkisar anatara 80-100 gr. Sementara untuk Jambu Air Madura Putih memiliki tekstur daging buah padat (keras), memiliki rasa lebih manis dari pada jambu air merah yang masih muda dan rasa manisnya, berasa banget!

Salah satu jenis Tanaman flora yang satu ini, menyukai curah hujan rendah dengan musim hujan tidak lebih dari delapan bulan dengan ketinggian tempat yakni dataran rendah dan dataran tinggi hingga 1.000 mdpl, agar bisa tumbuh sehat. Jambu Air tumbuh hampir semua wilayah Indonesia. Bahkan juga mampu beradaptasi dengan segala jenis tanah subur, gembur, dan kaya akan air dengan kedalaman air tanah hanya 200 cm. (pt/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *