Mengenal Pulau Dana, Paling Selatan Wilayah Indonesia

  • Bagikan
IMG 20211020 WA0028

Unews.idPulau Dana merupakan salah satu dari 92 pulau terluar di Indonesia terletak di Samudera Hindia berbatasan langsung dengan Australia. Letaknya berada di sebelah selatan Pulau Rote.

Pulau Dana berjarak 120 kilometer dari Kota Kupang, 4 kilometer dari Pulau Rote merupakan salah satu pulau kecil yang tidak berpenghuni tetap.

Pulau Dana merupakan bagian dari wilayah administratif Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur ini terletak pada titik koordinat: 11° 0′ 36″ LS, dan 122° 52′ 37″ BT.

Dari titik koordinat bisa dipastikan, pulau Dana merupakan pulau yang berada di paling selatan wilayah Indonesia. Meskipun hanya merupakan pulau kecil tidak berpenghuni. Pulau Dana memiliki pesona alam yang luar biasa.

Pulau di ujung selatan wilayah Indonesia, memiliki pantai indah yang landai, berpasir putih. Ombak di pesisir pulau Dana juga sangat cocok untuk olahraga selancar (diving).

Mengenal Pulau Dana, Paling Selatan Wilayah Indonesia

Dipulau Dana juga terdapat padang savana serta bukit karang berhutan. Padang savana di pulau paling selatan menjadi habitat rusa timor yang banyak ditemukan di sepanjang Pulau Dana dan pulau Rote.

Saat ini Pulau Dana Rote tengah diupayakan menjadi tempat konservasi Rusa oleh pemerintah Nusa Tenggara Timur.

Potensi kekayaan alam lain yang dipunyai oleh pulau tanpa penghuni tetap ini adalah Danau Merah. Danau Merah terletak di tengah-tengah Pulau Dana.

Rawan di kuasai Australia. Pulau Dana merupakan salah satu dari belasan pulau terluar Indonesia yang rawan dikuasai oleh negara tetangga. Disinyalir, pulau yang terletak di paling selatan wilayah Indonesia ini berbatasan langsung dengan Australia dan beberapa kali disinggahi oleh patroli Angkatan Laut Australia.

Pulau Dana, Paling Selatan Wilayah Indonesia

Konon, pulau yang memiliki keindahan alam dan cocok untuk diving (selancar air) ini telah lama diincar oleh Australia setelah berhasil menguasai Pulau Pasir (ashmore reef).

Untuk menjaga keamanan di pulau paling selatan Indonesia, sejak tahun 2006, TNI Angkatan Darat dan Satuan Marinir Angkatan Laut telah membuat pos penjagaan di pulau Dana.

Penjagaan yang dilakukan oleh TNI di pulau Dana cukup melegakan dari kekawatiran hilangnya pulau-pulau terluar Indonesia akibat dikuasai negara lain seperti yang terjadi pada pulau Sipadan dan Ligitan yang dikuasai Malaysia.

Tidak banyak yang tahu keberadaan pulau ini, termasuk ketika ditanyakan tentang pulau manakah yang letaknya di ujung selatan Indonesia. Bahkan, ketika masyarakat ditanya tentang pulau yang letaknya di paling selatan wilayah Indonesia, jawabnya adalah Pulau Rote.

Kemudian ketika saya menanyakan pulau Rote yang tidak termasuk salah satu dari 92 pulau terluar Indonesia kok disebut pulau paling selatan, beliau kelabakan.

So, yang belum mengetahui pulau paling selatan di Indonesia, jawabnya adalah Pulau Dana. Pulau kecil tak berpenghuni manusia yang menunggu kita kenal.

Setelah kenal, kita juga patut menjaga dari klaim negara lain. Selain itu kita juga harus waspada terhadap ancaman hilangnya sebuah pulau akibat abrasi laut.

Dengan melakukan pengembangan dan pembangunan yang tepat di pulau tersebut, termasuk di pulau Dana, pulau tak perpenghuni terdapat di paling ujung selatan wilayah Indonesia. Bukankah garis wilayah laut kita diukur dari pantai terluar? (rz/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *