Mengenal Kegunaan Bagian-bagian Tanaman Obat Sintok

  • Bagikan
20190824 081338
Daun Sintok (Istimewa)

Unews.id – Tanaman obat sintok merupakan jenis pohon yang dapat tumbuh di hutan dengan tinggi mencapai 20 – 30 meter. Batang dan daunnya jika diremukan akan mengeluarkan aroma yang mirip dengan kayu manis.

Sintok memiliki daun yang berbentuk lonjong dan bunganya kecil-kecil berwarna putih kekuningan. Sintok memiliki kandungan zat minyak atsiri yang terdiri dari eugenol, tarpen, sinamat, sarfrol dan bensaldehid pada getah sintok, kulit dan daunnya.

Selain menghasilkan minyak atsiri, sintok juga digunakan sebagai bahan obat untuk menyembuhkan sakit encok, disentri, sariawan, cacingan dan digigit serangga. Biasanya kayu sintok digunakan sebagai obat dengan cara ditumbuk.

Buah sintok juga biasanya digunakan sebagai pengganti sampo untuk menghitamkan rambut. Begitu juga kulit batangnya, dengan cara dipukul-pukul kemudian masukan kedalam air dan akan mengeluarkan buih. Buih tersebut yang biasanya digunakan untuk sampo. Dan sisa kulit tadi digunakan untuk menggosok badan pada saat mandi. Selain dapat menghilangkan kotoran juga memiliki aroma wangi dan menyegarkan.

Deskripsi Tanaman obat sintok

Sintok adalah tanaman yang banyak tumbuh di hutan dengan ukuran pohonnya mencapai 20 – 30 meter. Sintok merupakan tanaman penghasil minyak atsiri pada batang dan daunnya.

Secara luas tanaman ini dikenal dengan nama sintok ( Jawa ), huru sitok (Sunda ) dan madang sangit atau madang lawang ( Sumatera ).

Batang pohon sintok berwarna coklat kehitaman dengan diameter 70 cm, sedangkan kayunya berwarna coklat kemerahan berbau harum seperti cengkih.

Daun sintok berbentuk lonjong dan sedikit berbulu pada ujungnya dengan ukuran panjang 7 – 17,5 cm dan lebar 2,5 – 5,5 cm, tulang daun menjari tiga, daun muda berwarna merah – ungu kehijauan dengan permukaan daun yang mengkilat.

Buah sintok terdapat di ujung percabangan, dengan satu buah terdapat satu biji. Warna buah muda hijau dan buah yang tua berwarna hitam. Bentuknya bulat lonjong berukuran sekitar 1 cm. Daging buah berwarna ungu kehitaman dengan rasa seperti mint.

Selain menghasilkan minyak atsiri, sintok juga dikenal sebagai tanaman obat. Sintok sebagai tanaman obat dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti reumatik, disentri, sakit encok dan lain sebagainya. (rz/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *