Mengenal Jenis Tanaman Hidroponik Berdasar Masa Panen

  • Bagikan
hydroponics 4255403 480
Mengenal Jenis Tanaman Hidroponik Berdasar Masa Panen - Istimewa

Unews.idMengenal Jenis Tanaman Hidroponik Berdasar Masa Panen.

Beragam tanaman hidroponik kini dipilih untuk dibudidayakan, beberapa diantaranya adalah jenis yang cepat panen.

Tanaman hidroponik dibudidayakan dengan memanfaatkan air sebagai media tumbuh sekaligus pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman.

Meski terkesan simple namun memilih tanaman untuk di tanam dengan metode ini juga harus tepat, supaya Anda bisa memanennya di waktu yang cepat.

Mengenal Jenis Tanaman Hidroponik Berdasar Masa Panen

Berikut pilihan tanaman hidroponik yang paling cepat panen:

  1. Kangkung

Selain cepat panen, kangkung juga termasuk tanaman yang mudah untuk dirawat. Dilansir dari Channel YouTube Kagaiya kangkung hanya membutuhkan waktu 21-30 hari sejak ditanam untuk dipanen. Setelah itu kangkung dapat dipanen secara bertahap setiap lima hari.

  1. Tomat

menanam tomat dengan metode hidroponik adalah kebutuhan intensitas cahayanya yang harus lebih banyak. Sayuran kaya nutrisi ini bisa dipanen usai sembilan minggu setelah masa tanam dan dapat dipanen kembali setiap lima hari.

  1. Cabai

Sebelum ditanam, pastikan bahwa biji cabai sudah disemai. Setelah itu baru pindahkan ke media tanam hidroponik.

Untuk dapat menikmati sensasi pedas dari cabai, Anda bisa memanennya setelah memasuki umur 80-90 hari, tepatnya di pagi dan sore hari. Setelah itu, cabai bisa dipanen kembali setiap lima hari sekali.

  1. Bayam

Masih dari sumber yang sama, bayam juga bisa menjadi pilihan panen cepat sekaligus perawatannya yang mudah. Sayuran hijau satu ini dapat dipanen setelah 25-30 masa tanam, kemudian dipanen bertahap lima hari sekali.

Mengenal Jenis Tanaman Hidroponik Berdasar Masa Panen

  1. Seledri

Sayuran pelengkap tiap masakan ini memang cocok ditanam dalam media air. Seledri cocok ditanam dengan sistem hidroponik rakit apung.Masa panen seledri berkisar pada 4-6 minggu usai masa tanam, dan kembali dipanen secara bertahap setiap lima hari sekali.

  1. Timun

Lalapan satu ini memang cocok untuk ditanam pada sistem hidroponik apalagi di rumah. Timun bisa dipanen setelah 30 hari setelah masa tanam. Setelah itu dapat dilakukan panen bertahap setiap seminggu sekali

Baca Juga: Kucing, Hewan Peliharaan Terpopuler di Dunia

  1. Pakcoy

Sayuran yang sangat cocok untuk ditumis ini juga bisa menjadi pilihan ditanam secara hidroponik. Waktu panennya juga cukup singkat, yaitu 20 hari setelah masa tanam.

  1. Kacang Panjang

Kacang panjang membutuhkan waktu selama 30 hari untuk berbunga pada media hidroponik. Kemudian 15 hari mendatang, kacang panjang sudah siap dipanen.

Begitulah informasi Mengenal Jenis Tanaman Hidroponik Berdasar Masa Panen. Semoga bermanfaat (ab/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *