Mengenal Jenis Tanaman Bougenville

  • Bagikan
Mengenal Jenis Tanaman Bougenville
Mengenal Jenis Tanaman Bougenville - Istimewa

Unews.id. Mengenal Jenis Tanaman Bougenville. Tanaman hias bougenville atau  bugenvil juga dikenal dengan sebutan bunga kertas.

Bunga Kertas (bugenvil) adalah tanaman hias yang sering ditanam disekitar pekarangan rumah, tak jarang dijadikan sebagai  pengganti pagar.

Seperti namanya, bunga kertas memiliki seludang bunga yang tipis menyerupai daun melindungi bunga utama bagian tengah.

Keindahan bunga ini terletak pada rimbun bunga, majemuk dan warna yang begitu indah. Bunga kertas bisa tumbuh subur hingga beberapa meter. Tidak hanya sebagai tanaman hias saja, tanaman ini m juga kerap dibudidaya sebagai tanaman bonsai.

Baca Juga: Bougenville: Tanaman Hias dan Obat Tradisional, Dijamin Penyakit Minggir

Nah, sobat sekalian perlu tahu nih, bahwa ada beberapa jenis bugenvil (sesuai warna), disimak yuk?

Mengenal Jenis Tanaman Bougenville

1. After Glow

Memilki nama latin Bougainvillea xbuttiana, jenis tanaman ini memiliki dua warna, yakni tone peach dan oranye.

Bunga ini bisa mekar sepanjang tahun, berduri, pohon besar, dan berbunga lebat pada saat musim panas.

Namun ketika memasuki musim dingin yang ekstrim, tanaman bugenvil yang satu ini, mati suri dan dapat tumbuh kembali saat musim panas. Bahkan sangat cocok ditanam di segala jenis tanah dan tahan terhadap sinar matahari.

Baca Juga: Tips Merawat Tanam Hias Bougenville

2. California Gold

Bugenvil jenis California Gold, berwarna kuning emas pucat, namun seiring waktu, jenis tanaman ini warnanya nampak memudar menjadi jingga.

3. Gold Rush

Sekilas, wana kuning emas pada bunga ini terlihat sama dengan jenis california gold, namun gold rush memiliki warna  lebih cerah, warna daun hijau dengan bentuk agak runcing.

Tanaman jenis Gold Rush bisa tumbuh merambat pada pohon sekitar, dengan tinggi mencapai 20 kaki. Alangkah baiknya jika Sobat menanamnya di dekat tembok atau lanskap lainnya, dikarenakan tumbuhan yang satu ini tergolong tanaman merambat.

4. Bambino Baby Allison

Memiliki warna merah muda lembut, jenis bugenvil yang satu ini banyak dijadikan sebagai dekorasi rumah. Bunga mekar sepanjang tahun, sama hanya dengan gold rush. Tanaman jenis Bambino Baby Allison juga tergolong tanaman merambat

Baca Juga: Sederet Manfaat Mengkonsumsi Rebusan Daun Salam

5. Bambino Baby Lauren

Dominasi warna ungu muda, membuat Baby Lauren menjadi populer. Warna seludang terlihat elegan dan sederhana. Tanaman hias ini juga sering ditanam menyerupai semak halus, dibuat merambat dan juga kerap dijadikan bonsai.

6. Baby Victoria

Dengan ciri warna magenta dan ungu, bugenvil ini cocok ditanam di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh antara 5 sampai 15 meter.

Bugenvil jenis ini memiliki batang yang berduri. Ukuran daun bermacam-macam, ada yang lebat, lonjong, bulat telur dan elips, daunnya tergolong daun tunggal.

Mengenal Jenis Tanaman Bougenville

7. Cherry Blossom

Cherry Blossom adalah jenis yang juga masuk dalam kategori populer, perpaduan warna merah muda dan putih pada bagian lain, menjadi daya tarik sendiri bagi siapapun yang melihat tanaman cantik yang satu ini.

Baca Juga: Berikut 12 Ciri-ciri Tanaman Salam (Syzygium polyanthum)

8.Coconut Ice

Seperti es kelapa, warna pada jenis ini terlihat putih, namun pada jenis varietas coconut ice lainnya, bisa berbeda. Jenis ini sangat cocok digabung cara penanamannya dengan jenis warna terang mencolok lainnya

9. Alexandra

Dari jenis lauren dan allison, Alexandra merupakan jenis yang punya seludang ungu paling pekat. Warna mencolok dari bagian bunga utama, dan putih kekuningan dibagian utama. Pada waktu tertentu, tanaman jenis alexandra ini dapat menggugurkan daunnya.

10. Barbara Karst

Barbara Karst tergolong jenis hyprid. Bugenvil ini memiliki ragam warna, yakni magenta, scarlet dan merah. Layaknya tanaman hias jenis bugenvil lainnya, aneka warna pada tanaman ini sangat cocok sebagai hiasan di area pagar rumah kita

11. Bambino Majik

Warna seludang bunga ini tidak begitu mencolok, perpaduan  ungu bagian atas gradasi kewarna putih pada bagian bawah, membuat bunga tetap eksotis, cantik dan enak dipandang.

Bambino Majik juga dikenal sebagai tanaman yang tumbuh di segala musim disepanjang tahun

Nah, itu dia sobat sedikit informasi Mengenal Jenis Tanaman Bougenville, sekarang terserah sobat nih, mau pilih yang mana. (ab/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *