Mengenal 5 Jenis Jerawat Kulit dan Cara Menanganinya

  • Bagikan
ilustrasi jenis jerawat (Foto : Majalah Sunday)
ilustrasi jenis jerawat (Foto : Majalah Sunday)

Unews.id, Mengenal 5 Jenis Jerawat Kulit dan Cara Menanganinya. Faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah atau tubuh kita, bentuknya berbeda-beda. Cara mengatasi jerawatpun bervariasi tergantung cara penanganannya.

Bintik merah, kecil, bernanah dan kehitam-hitaman merupakan salah satu ciri-ciri jerawat. Bahkan jerawat juga memiliki ragam jenis dan perbedaan namun masih masuk dalam keluarga/jenis Jerawat. Sajian kami kali ini, ingin memaparkan jenis-jenis jerawat yang perlu Anda pahami dan ketahui:

Mengenal 5 Jenis Jerawat Kulit dan Cara Menanganinya

5 Jenis Jerawat Kulit

1. Jerawat Blackheads

Jerawat Blackheads atau komedo berwarna kehitam-hitaman dan tergolong salah satu jenis jerawat. Jenis ini biasanya muncul di sekitar hidung. Blackheads muncul dikarenakan tersumbatnya pori-pori adanya minyak berlebih. Sebagian orang mungkin tidak peduli dengan kehadiran blackheads, tetapi kalau dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan masalah baru untuk wajah kita.

Baca Juga: Kenali Tanda dan Gejala Munculnya Jerawat

Untuk mengatasi Blackheads, kamu bisa menggunakan krim wajah dengan kandungan asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorsinol. Bahan-bahan ini berguna membunuh bakteri penyebab komedo, mengurangi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

  1. Jerawat Whiteheads

Whiteheads (komedo berwarna putih). Jerawat Whiteheads merupakan jerawat yang sering muncul di wajah. Whiteheads muncul karena tersumbatnya pori-pori dan menutupi seluruh permukaan sehingga terlihat benjolan putih.

Untuk mengatasinya, gunakan produk dengan kandungan AHA, retinoid, benzoyl peroxide, dan asam salisilat, berfungsi mengangkat sel kulit mati, membunuh bakteri, dan mengurangi peradangan di area sekitar komedo.

  1. Jerawat Pustula

Jerawat Pustula adalah jerawat dengan cairan nanah di dalamnya. Jerawat jenis ini berukuran lebih besar dari komedo putih, biasanya dikelilingi warna kemerah-merahan. Jerawat ini biasanya muncul di area yang mudah berminyak, seperti wajah, punggung, dan dada dan sangat rentan menyerang anak-anak diusia remaja.

Menurut American Academy of Dermatology, cara mengatasi Jerawat Pustula, muka/wajah bersihkan atau sabun cuci muka dengan bahan yang memiliki kandungan benzoyl peroxide dan asam salisilat. Benzoyl peroxide berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat dan asam salisilat ini dapat membersihkan sel kulit mati di wajah.

  1. Jerawat Papula

Jerawat jenis papula muncul dengan bentuk benjolan di bawah permukaan kulit. Apabila jerawat ini disentuh, akan terasa nyeri. Kulit di sekitar jerawat papula nampak kemerahan namun tidak ada nanah di puncaknya. Jerawat papula bisa muncul karena komedo hitam dan putih yang dibiarkan begitu saja, sehingga menjadi iritasi dan merusak kulit sekitar, kemudian berubah menjadi peradangan.

Cara mengatasi jerawat ini adalah gunakan produk yang mengandung asam salisilat dan benzoyl peroxide. Selain itu, pilih produk dengan kandungan retinoid karena mampu membantu memulihkan sel kulit yang rusak.

  1. Jerawat Kistik

Jerawat Kistik dikenal dengan sebutan Jerawat Batu. Jerawat batu biasanya berbentuk benjolan merah, cukup besar, dan keras. Jerawat kistik muncul karena penumpukan minyak dan sel kulit mati di jaringan kulit bagian dalam. Jenis jerawat ini adalah jerawat yang cukup parah.

Untuk mengatasinya gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide dan retinoid, gunakan produk isotretinoin. Isotretinoin merupakan obat yang berkhasiat mengusir jerawat batu. Namun, dalam hal ini penggunaannya harus dalam pengawasan dokter.

Itulah penjelasan singkat kami tentang 5 Jenis Jerawat Kulit dan Cara Menanganinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. (fit/yy)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *