Tiga Jenis Flora dan Fauna di Bumi Nusantara

  • Bagikan
Tiga Jenis Flora dan Fauna
Tiga Jenis Flora dan Fauna - Sumber foto: youtube.com

Unews.idTiga Jenis Flora dan Fauna di Bumi Nusantara. Berdasar letak dan Geografis, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki aneka ragam Flora dan Fauna tersebar dari sabang sampai merauke.

Keanekaragaman Flora dan Fauna di Bumi Zamrud Khatulistiwa, tidak terlepas dari kondisi Geologi Indonesia di zaman Pleistosen. Pleistosen merupakan zaman dimana bumi mulai membaik, namun keadaan alam masih belum membaik.

Letak Geografis ditentukan dari beberapa faktor, seperti dari segi astronomis, geologis, fisiografis dan seni budaya. Indonesia berada dikawasan Cincin Api Pasifik yang merupakan gugusan gunung berapi di Samudera Pasifik. Kawasan Tropis di Indonesia, memiliki dua musim (musim kemarau dan musim penghujan), sehingga berpengaruh terhadap kelangsungan kesuburan tanah.

Tiga Jenis Flora dan Fauna di Bumi Nusantara

Pengaruh musim juga dapat menyebabkan Bumi Nusantara populer dengan sebutan Negara Agraris, sehingga penduduk pribumi memanfaatkan sebagai sumber kehidupan bercocok tanam seperti jagung, beras, sayuran, buah-buahan, tebu, tembakau dan lain sebagainya.

Hal ini menunjukkan Flora da Fauna di Bumi Pertiwi beranekaragam. Bahkan berdasar buku Atlas Flora dan Fauna di Indonesia (2001), tercatat sebanyak 2.827 kawasan ditempati satwa jenis vertebrata non ikan, endemik berjumlah 848, dan jenis satwa lain yang hanya ada di Indonesia.

Tidak hanya itu saja, berdasarkan wilayah dan karakteristik, Indonesia memiliki 37.000 jenis tumbuhan tinggi diantara 155.475 – 183.025 jenis tumbuhan lain yang ada di Dunia.

Flora dan Fauna di Indonesia, dibagi menjadi tiga bagian yaitu Indonesia bagian barat, Indonesia bagian tengah dan Indonesia bagian timur.

Garis Weber dan Wallace memisahkan tiga bagian tersebut. Garis wallace memisahkan bagian barat dan tengah, sementara garis weber memisahkan Indonesia bagian tengah dan timur.

Tiga Tipe Flora dan Fauna

1. Flora dan Fauna Indonesia bagian barat (tipe asiatis). Flora tipe ini bersifat heterogen disebabkan pengaruh iklim tropis dengan curah hujan tinggi, seperti rawa gambut, kemuning dan hutan bakau. Fauna tipe asiatis memiliki badan besar seperti burung, reptil dan jenis mamalia. Contohnya Gajah, Rusa, dan Banteng.

2. Flora dan Fauna Indonesia bagian peralihan (tipe Wallacea), Flora ini bersifat homogn karena dipengaruhi curah hujan yang rendah. Contohnya cengkeh, anggrek, pala dan cendana. Fauna tipe peralihan lebih sedikit jumlahnya. Contoh faunanya yaitu Anoa, rusa, maleo, komodo dan babi.

3. Flora dan Fauna Indonesia bagian timur (tipe Australis), Flora tipe ini didominasi hutan hujan tropis dan hutan pegunungan. Contohnya matoa, pohon sagu, dan pohon nipah. Sedangkan Faunanya memiliki karakteristik ukuran tubuh tidak terlalu besar dan merupakan mamalia berkantong. Contoh antara lain kuskus, cendrawasih, kanguru dan burung maleo.

Itulah Tiga Jenis Flora dan Fauna di Bumi Nusantara,semoga informasi diatas menambah wawasan kita terhadap Flora dan Fauna yang ada di Indonesia. (pt/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *