Manfaat Minum Air Putih dan Waktu yang Tepat Mengkonsumsinya

  • Bagikan
Manfaat Minum Air Putih dan Waktu yang Tepat Mengkonsumsinya
4 Fakta Mengejutkan, Konsumsi Air Putih Berlebihan - Istimewa

Unews.id, Manfaat Minum Air Putih dan Waktu yang Tepat Mengkonsumsinya. Pola hidup sehat wajib dilakukan setiap orang, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Memenuhi cairan didalam tubuh bisa dilakukan dengan cara melakukan rutinitas minum air putih yang cukup setiap hari.

Kamu mungkin terbiasa mendengar bahwa tiap orang dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan dua liter setiap harinya, namun terdapat opini lain tentang anjuran tersebut. Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, jumlah kebutuhan air putih yang harus dipenuhi dalam tubuh pria maupun wanita berbeda. Pria membutuhkan 3,7 liter air putih perharinya, sedangkan wanita hanya membutuhkan 2,7 liter air perhari.

Mencukupi kebutuhan cairan didalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan, karena kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan dehidrasi, sebaliknya jika terlalu berlebihan, minum air putih juga dapat menyebabkan terjadinya keracunan air atau overhidrasi. Untuk menghindari kedua hal tersebut, perlu dijadwalkan minum air putih setiap hari untuk lebih memaksimalkan efektivitas kinerja yang baik bagi tubuh kita

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Hangat Pagi Hari, Luar Biasa!

Manfaat Minum Air Putih dan Waktu yang Tepat Mengkonsumsinya

Berikut enam waktu efektif minum air putih sepanjang hari.

Manfaat Minum Air Putih

1. Saat bangun tidur dipagi hari

Ada baiknya saat kamu bangun tidur, sempatkan untuk mengonsumsi air putih 1-2 gelas sebagai awal aktifitasmu. Karena, minum air putih setelah kamu bangun tidur, membantu mengisi ulang cairan yang hilang disaat kamu sedang istirahat (tidur)

Baca Juga: Ketahui! Cara Menjaga Kesehatan Agar Terhindar Dari Penyakit

2. Sebelum dan sesudah makan

Untuk melancarkan proses pencernaan, bisa dibantu dengan mengkonsumsi satu gelas air putih, kurang lebih 30 menit sebelum makan. Hal ini, lebih baik dilakukan dari pada sering minum air saat sedang makan.

Kadar air putih yang berlebihan akan menggangu proses pelarutan makanan dan enzim yang diperlukan dalam saluran pencernaan makanan. Untuk memudahkan tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang baru saja dikonsumsi, dibantu dengan minum air setelah makan.

3. Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Waktu efektif minum air putih berikutnya yakni disaat sebelum ataupun sesudah berolahraga. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan yang menyebabkan tubuh akan mengalami kekurangan cairan, melalui keringat. Ada baiknya, ketika kamu akan berolahlaraga, dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu baik sebelum ataupun sesudah berolahraga. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya dehidrasi dan akan meningkatkan kekuatan otot dalam tubuh

4. Saat Merasa Lelah

Tahukah kamu bahwa fungsi tubuh kita bergantung pada air, tak terkecuali untuk otak dan saraf. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka akan mengalami kelelahan, depresi, hilangnya konsentrasi, sulit tidur dan bahkan bisa mengganggu kesehatan yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu membiasakan untuk selalu minum air saat mulai merasa kelehan.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Kacang Polong Bagi Tubuh Kita: Jantung, Diabetes, Kanker, Minggat!

5. Sebelum Tidur

Setelah menjalani aktifitas yang melelahkan sepanjang hari, maka sebelum tidur, juga dianjurkan minum air untuk meningkatkan kualitas tidur agar lebih nyenyak. Karena dapat membantu tubuh lebih berenergi menjalani hari esok.

6. Perbanyak Minum Air Putih Saat Sakit

Mengkonsumsi air putih, ternyata dapat membantu meningkatan daya tahan tubuh ketika kamu sedang sakit. Selain itu air putih juga dapat menyeimbangkan kadar cairan yang diperlukan saat tubuh sedang sakit.

Apalagi disaat kamu sedang bermasalah dibagian pencernaan sampai bolak-balik BAB yang membuat kamu kehilangan banyak cairan. Dengan minum air putih lebih banyak dari biasanya, membantu terhindar dari gejala dehidrasi.

Air putih memang terlihat biasa, namun kamu akan merasakan gejala-gejala penyakit disaat kekurangan atau kelebihan mengkonsumsi air putih dalam tubuh. Jadi, cukupilah cairan yang dibutuhkan di dalam tubuh dengan minum air putih di waktu yang efektif

Itulah Manfaat dan Waktu yang Tepat Konsumsi Air Putih versi unews.id tadi. Semoga artikel kesehatan ini, menambah wawasan kita tentang pentingnya air putih bagi tubuh kita. Terima kasih sudah berkunjung di blog kesayangan kami, Semoga bermanfaat. (yn/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *