Manfaat Mandi Air Hangat, Nyeri Minggat

  • Bagikan
IMG 20211103 061918
ilustrasi mandi air hangat, istimewa

Unews.id – Manfaat Mandi Air Hangat, Nyeri Minggat. Mandi air hangat dapat memberikan kesehatan dan kebugaran bagi tubuh manusia. Apalagi bagi mereka yang berada di lingkungan iklim kutub.

Manfaat mandi air hangat pun bisa diandalkan untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit, melancarkan peredaran darah, meningkatkan mood, dan mampu menurunkan stres.

Mandi air hangat dapat menjadi pilihan solutif untuk membersihkan diri setelah melakukan aktivitas atau bekerja terutama di pagi dan sore hari.

Manfaat Mandi Air Hangat, Nyeri Minggat

Manfaat apa sajakah yang akan kita dapatkan dengan mandi air hangat? Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaatnya :

Manfaat Mandi Air Hangat, Nyeri Minggat

1. Meredakan nyeri

Saat otot tubuh terasa nyeri dan tegang, mandi air hangat bisa menjadi solusi untuk meredakan ketegangan otot serta mengurangi rasa tidak nyaman pada sendi dan tulang.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Bagi Anda yang mengalami insomnia atau sulit tidur, Anda bisa mencoba mandi air hangat untuk mengatasinya. Manfaat ini berkaitan dengan efek relaksasi yang dapat dihasilkan dengan mandi atau berendam air hangat, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga: Mimpi Shalat, Petanda Baik Tafsir Orang Madura

3. Meningkatkan kualitas tidur

Mandi air hangat 90 menit sebelum tidur membuat Anda tertidur lebih cepat. Menurut riset juga membuktikan bahwa manfaat mandi air hangat bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

Hal ini karena, temperatur inti tubuh akan meningkat ketika Anda sedang berendam atau dibasahi air hangat. Ini bisa Anda terapkan saat begadang atau mengidap insomnia.

Lalu, ketika Anda beranjak dari kamar mandi, temperatur tubuh akan memberikan sinyal bahwa tubuh sudah siap untuk tidur.

Dengan melakukan hal ini, mampu membuat kualitas tidur Anda lebih baik, dan tentunya, mengantuk lebih cepat.

4. Membakar kalori

Menurut sebuah penelitian, mandi air hangat terbukti mampu membakar kalori Anda.

Para peneliti meminta 10 pria untuk mandi air hangat dan berendam. Penelitian tersebut menghasilkan, para responden tersebut mengalami pembakaran 126 kalori per jam.

Masih dalam penelitian yang sama, dapat disimpulkan bahwa manfaat mandi air hangat juga bisa menghindari lonjakan gula darah setelah makan.

Baca Juga: Kelebihan Jurusan IPS, Mahasiswa Dijamin Berjiwa Pemimpin

5. Meredakan rasa sakit pada tubuh

Tak hanya mandi, berendam dengan air hangat juga bisa mengurangi rasa sakit pada tubuh.

Terdapat sebuah penelitian yang memperlihatkan kasus pada pengidap penyakit Ehlers-Danlos. Penyakit ini membuat tubuh penderitanya sangat “ringkih”.

Berdasarkan penelitian tersebut membuktikan, mandi air hangat bisa membuat otot-otot tubuh penderita Ehlers-Danlos rileks.

Dengan demikian, rasa nyeri pada tubuh bisa diredakan. Tak perlu khawatir, manfaat mandi air hangat di malam hari ini pun bisa dirasakan pada orang-orang pada umumnya.

Itulah, Manfaat Mandi Air Hangat, Nyeri Minggat. Semoga penjelasan singkat ini dapat memberi manfaat. Amin

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *