Manfaat Jagung? Ini Dia Khasiatnya

  • Bagikan
IMG 20211025 124816
Tahukah Manfaat Jagung? Ini Dia Khasiatnya, Sumber Foto Jpnn.com

Unews.id – Manfaat Jagung? Ini Dia Khasiatnya.  Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita. Kekayaan SDA harus dimanfaatkan dengan baik guna kepentingan bersama. Jangan mengeksploitasi dan merusak hanya demi kepentingan individu maupun kelompok.

Menjaga dan melestarikan SDA di bangsa kita ialah kewajiban. Dengan menjaga dan melestarikan, berarti kita telah berpartisipasi secara tidak langsung dalam pembangunan manusia. Salah satu SDA yang bisa dimanfaatkan di negara kita ialah tumbuhan jagung .

Tumbuhan ini memiliki manfaat dan khasiat luar biasa terhadap kesehatan. Jagung pada umumnya sering dibuat kuah oleh masyarakat sebagai hidangan buat makanan. Selain sebagai tanaman bahan pangan pokok pengganti beras dalam upaya diversifikasi pangan, jagung juga merupakan pakan ternak.

Kandungan nutrisi jagung memiliki  gizi per 100 gram bahan, diantaranya sebagai berikut :

Kalori : 355 Kalori, Protein : 9,2 gr, Lemak : 3,9 gr, Karbohidrat : 73,7 gr, Kalsium : 10 mg, Fosfor : 256 mg, Besi : 2,4 mg, Vitamin A : 510 SI, Vitamin B1 : 0,38 mg, Air : 12 gr dan bagian yang dapat dicerna 90%.

Manfaat Jagung? Ini Dia Khasiatnya

Selain itu jagung ternyata meiliki khasiat terhadap kesehatan, berikut dibawah ini kami rang buat Anda dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Jagung

  1. Menjaga kesehatan mata

Si kuning manis dan gurih ini kaya dengan vitamin C dan vitamin B. Vitamin C pada jagung memberi manfaat dalam menunjang perbaikan sel, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memiliki sifat anti-penuaan. Sementara vitamin B berperan penting dalam pengolahan energi.

Menariknya lagi, meski mungkin terdengar mengejutkan, jagung merupakan sumber pangan yang kaya akan antioksidan dibanding banyak biji-bijian sereal lainnya, seperti lutein, zeaxanthin, asam ferulat, dan beta-karoten.

Karotenoid (lutein, beta-karoten, dan zeaxanthin) dikenal dapat mampu menunjang sistem imun tubuh dan telah terbukti sebagai vitamin yang penting untuk kesehatan mata. Tingginya kadar dua karotenoid ini dalam darah sangat terkait dengan penurunan risiko dari degenerasi makular dan katarak.

  1. Mengandung gula yang aman untuk gula darah

Komposisi nutrisi utama jagung adalah karbohidrat, sehingga cocok untuk makanan pokok. Namun tidak seperti kandungan karbohidrat olahan dalam roti atau nasi putih yang cepat menguras energi, karbohidrat pada jagung memberikan suplai energi yang stabil dan tahan lama.

Ini karena karbohidrat yang terkandung dalam jagung adalah jenis karbohidrat kompleks. Selain itu, jagung juga mengandung serat dan protein. Kombinasi ketiga nutrisi dalam jagung ini membuatnya lambat dicerna oleh tubuh.

Selain itu, ketiga nutrisi tersebut memberi manfaat untuk mengendalikan kadar gula darah, karena serat memperlambat kecepatan tubuh memecah karbohidrat untuk dilepaskan ke dalam aliran darah.

Meskipun kadar gula dalam buah ini termasuk tinggi (2 gram per 100 gram), buah ini bukanlah makanan dengan indeks glikemaik tinggi. Itulah mengapa jika Anda makan buah ini secara utuh, tidak akan menyebabkan gula darah Anda melonjak secara dramatis.

Sebaliknya, makan buah ini dalam jumlah sewajarnya telah terbukti berhubungan dengan kontrol gula darah yang lebih baik pada penderita diabetes. 

  1. Melindungi dari risiko penyakit jantung

Antioksidan bermanfaat bagi kesehatan jantung karena membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Penyakit jantung dan tekanan darah tinggi berkaitan satu sama lain. Ini karena hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Tekanan darah tinggi bisa memperberat kinerja jantung sehingga dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah pada jantung.

  1. Menurunkan risiko kanker

Bagi Anda penggemar berat jagung, pasti paham benar sensasi perut kenyang yang super memuaskan padahal hanya dengan memakan satu bonggolnya. Manfaat jagung yang membuat peurt kenyang lebih lama ini berkat kandungan seratnya, yang bisa mencapai sekitar 2 gram per gram-nya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa serat adalah salah satu nutrisi kunci untuk memelihara sistem pencernaan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jagung dapat mendukung pertumbuhan bakteri ramah dalam usus besar dan bakteri mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek, atau SCFA.

SCFA dapat membantu menurunkan risiko Anda terhadap banyak gangguan pencernaan, termasuk risiko kanker usus. Manfaat jagung untuk sistem pencernaan juga mungkin datang dari sifat alaminya yang bebas gluten.

Konsumsi gluten terkait dengan beragam gejala negatif, termasuk peurt kambung kram, diare, sembelit, hingga kelelahan dan masalah kulit.

Bahkan, efek ini tidak hanya terbatas muncul pada mereka yang punya penyakit Celiac atau alergi gluten saja. Ini membuat jagung atau tepung jagung sebagai alternatif yang baik untuk gandum atau makanan yang mengandung gluten lainnya.

Itulah, Khasiat Manfaat Jagung Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat. Selamat mencoba. (hi/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *