Maksimalkan Pengelolaan MBKM dan Jurnal Ilmiah, Pendidikan IPA UTM Stuban Ke Undhiksa

  • Bagikan
IMG20211117103742 01 scaled
Penandatanganan Komitmen Kerjasama (Istimewa)

Unews.id – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Mahasiswa diberikan kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama

Selain itu, mahasiswa juga bisa mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda, dan atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Baca Juga: FMPB Palengaan Gelar MPAB, Bupati Pamekasan Berpesan 3 Hal

Maksimalkan Pengelolaan MBKM dan Jurnal Ilmiah, Pendidikan IPA UTM Stuban Ke Undhiksa

Seiring dengan berjalannya kebijakan tersebut, Prodi Pendidikan IPA Universitas Trunojoyo Madura (UTM ) melaksanakan Studi Banding (Stuban) tentang kurikulum MBKM dan pengelolaan jurnal ilmiah ke Prodi Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Bali, Kamis (18/11/2021).

Bertempat di Aula FMIPA Undiksha, kegiatan ini diawali dengan penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh Koorprodi Pendidikan IPA UTM, Mochammad Ahied dengan Koorprodi Pendidikan IPA Undiksha, I Nyoman Suardana.

Dekan FMIPA Undiksha, Prof. Dr. I Nengah Suparta, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai tempat berbagi ilmu terkait strukturisasi kurikulum MBKM sehingga dapat diimplentasikan agar capaian pembelajaran lulusan dapat tercapai secara maksimal.

Baca Juga: Macam-macam Beasiswa, Pelajar Wajib Baca (!)

“Selain itu dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal ilmiah di masing-masing institusi,” timpalnya saat sambutan.

Maksimalkan Pengelolaan MBKM dan Jurnal Ilmiah, Pendidikan IPA UTM Stuban Ke Undhiksa

Setelah menandatangani perjanjian kerjasama, kegiatan dilanjutkan dengan giat diskusi antar kedua prodi terkait kurikulum MBKM di yang telah diimplemenfasikan oleh kedua belah pihak. Diskusi berjalan dengan sangat menarik dan para dosen sangat antusias mengikuti kegiatan.

“Dengan adanya inisiasi kerjasama dan benchmarking kurikulum akan diharapkan meningkatkan kualitas tridarma perguruan tinggi antara kedua belah pihak,” harap Dekan FMIPA Undiksha.

Sementara itu, Koorprodi Pendidikan IPA UTM menuturkan, kalau tujuan pihaknya melaksanakan kunjungan ke Undiksha, yaitu dalam rangka studi banding untuk pengelolaan jurnal ilmiah dan strukturisasi kurikulum MBKM.

“Kami ingin mengevaluasi kurikulum di prodi kami setelah berdiskusi dengan prodi Pendidikan IPA Undiksha,” pungkas Mochammad Ahied.

Dalam rangka sesi tanya jawab penjaminan mutu internal, pengelolaan jurnal dan tugas akhir mahasiswa menjadi topik pembicaraan yang hangat. (val/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *