Mahasiswa Salah Pilih Jurusan, Berikut Solusinya

  • Bagikan
IMG 20211027 120506
Mahasiswa Salah Pilih Jurusan? Berikut Solusinya, Sumber Foto Okezone.com

Unews.idMahasiswa Salah Pilih Jurusan? Berikut Solusinya. Memilih jurusan kuliah adalah kewajiban bagi mahasiswa. Tanpa memilih jurusan tidak akan mungkin mahasiswa mendaptkankan kelas. Terdapat banyak jurusan di Kampus yang dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai bakat, minat, dan keterampilan. Mahasiswa sebelum mendaftar kuliah harus konsentrasi dalam menentukan jurusan yang dipilih. Namun tidak sedikit bagi mahasiswa salah dalam memilih jurusan.

Pastinya mereka dilatarbelakangi oleh berbagai faktor sehingga salah memilih jurusan. Seperti karena keterpaksaan orang tua, sekadar ikutan-ikutan, hingga tidak mampu dengan biaya jurusan yang dipilih. Menjadi dilema sendiri bagi mahasiswa semisal untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang sudah diterima.

Namun permasalahan tersebut bagi penulis dianggap sebagai hal yang lumrah, tinggal bagaimana cara mahasiswa mengatur persepsi untuk memposisikan diri dengan niat yang baik (optimistis) meskipun tidak sejalan dengan keinginan diawal memilih jurusan yang diprioritaskan.

Mahasiswa Salah Pilih Jurusan, Berikut Solusinya

Apa yang perlu dilakukan bagi mahasiswa yang mengalami salah pilih jurusan?

a. Mengubah persepsi

Wahab Syakhirul Alim M.Pd selaku Dosen IAIN Madura mengatakan, “salah pilih jurusan bukan akhir dari segalanya yang menentukan masa depanmu kelak, artinya salah jurusan tidak menjamin pula kalian akan suskes tidaknya, melainkan bagaimana mengubah persepsi kalian dalam memilih jurusan yang kita pilih tidak sesuai dengan keinginan utama menjadi itu lebih baik untuk diperjuangkan”. Artinya perspesi kita harus dirubah bahwa jurusan yang sekarang dipilih adalah baik dan harus dilanjutkan.

b. Jadikan tantangan

Tantangan adalah langkah awal menatap masa depan, kecuali dalam langkah kita yang sudah ditempuh dalam menjalani kuliah salah jurusan masih jauh dari target, tidak ada jalan keluar lagi kecuali mengulang dari awal memilih jurusan yang kita inginkan. Jadikanlah salah jurusan sebagai tantangan untuk berusaha keras menekuni hingga mencintai jurusan yang sudah diterima.

c. Jadikan motivasi

Berapa banyak diluar sana mahasiswa berprestasi dengan jurusan yang ia tidak diinginkan diawal. Yang lebih penting dalam menekuni dan mencintai jurusan yang kita sudah dipilih adalah dengan meningkatkan motivasi belajar dengan baik.

d. Ikuitilah organisasi / komunitas yang se-linear dengan jurusan Anda

Mengikuti organisasi, komunitas atau yang mendukung transformasi keilmuan sesuai dengan jurusan akan mempermudah menambah pengetahuan dan pengalaman Anda. Contoh Anda ingin jurusan hukum tapi masuk jurusan Matematika, bisa mengikuti komunitas atau organisasi yang berkaitan dengan hukum untuk menambah progresifitasmu.

e. Buatlah Target

Buatlah target dengan usaha keras untuk mendorong keinginan membentuk insan akademis dan bertanggungjawab dalam jurusan yang sudah diterima atau dipilih. Jangan menutup ilmu yang kita bisa raih tidak hanya termanifestasi satu bidang ilmu satu dimensi melainkan universalitas dimensi keilmuan yang dapat diperoleh di kampus maupun di luar kampus.

Itulah, Mahasiswa Salah Pilih Jurusan, Berikut Solusinya. Semoga penjelasan singkat ini dapat memberikan manfaat buat Anda yang salah jurusan. (hi/yy)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *