• Minggu, 22 Mei 2022

Mengenal Pesona dan Mitos Gunung Semeru

- Kamis, 9 Desember 2021 | 10:51 WIB
Pesona dan Mitos Gunung Semeru (Pixabay.com)
Pesona dan Mitos Gunung Semeru (Pixabay.com)

UNEWS.ID- Gunung Semeru atau akrab dengan sebutan Mahameru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl.  Gunung Semeru adalah salah satu gunung favorit bagi para pendaki karena menawarkan banyak keindahan di dalamnya. 

Salah satu gunung aktif di Indonesia ini semakin terkenal sejak dirilisnya filim 5 cm yang dimainkan oleh Pevita Pearce dengan menampilkan keindahan Gunung Semeru dari bawah hingga perjuangan mencapai puncak Mahameru.

Selain pesona yang dimilikinya, ternyata Gunung Semeru menyimpan mitos di dalamnya yang membuat para pendaki semakin penasaran dan tertarik untuk melakukan pendakian. Sebenaranya apa saja mitos Gunung Semeruyuk simak berikut ini.

Baca Juga: Korban Letusan Gunung Semeru Terus Bertambah, Total 34 Orang Meninggal Dunia

1. Ranu Kumbolo

Perjalanan menuju Ranu Kumbolo ditempuh sekitar 4-5 jam dari desa Ranu Pani. Ranu Kumbolo menjadi pesona gunung Semeru sekaligus menjadi tempat unggulan bagi para pendaki karena keindahan danaunya. Tempat ini sekaligus menjadi tempat pemberhentian dan perkemahan sementara bagi para pendaki.

Siapa sangka tempat yang menjadi incaran para pendaki, justru terdapat mitos Gunung Semeru yaitu larangan untuk mandi di danau Ranu Kumbolo. Selain mandi, dilarang pula untuk mencuci di danau tersebut karena sesuai dengan kepercayaan masyarakat sekitar, air danau tersebut suci dan hanya digunakan pada ritual keagamaan. 

Konon, danau Ranu Kumbolo juga dijaga oleh ikan mas yang dianggap sebagai dewi penjaga sehingga juga terdapat larangan untuk menangkap ikan di danau tersebut.

Baca Juga: Sigap Bantu Korban Erupsi di Gunung Semeru, UKK Pramuka IAIN Madura Gelar Aksi Galang Dana

Halaman:

Editor: Bambang Eko W

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Laksamana Mengamuk, Dijamin Dahaga Enyah

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:58 WIB
X