• Rabu, 26 Januari 2022

Ilmu, Manusia, dan Kematian(?)

- Jumat, 3 Desember 2021 | 16:27 WIB
Ilmu, Manusia, dan Kematian(?) (Pixabey)
Ilmu, Manusia, dan Kematian(?) (Pixabey)

Unews.id - Dalam buku Prof. Dr. Hamka, karyanya Tasawuf Modern menjelaskan bahwa “orang takut mati karena dia tidak tahu kemana akan pergi sesudah mati, dan tidak tahu bahwa jiwa itu kekal. Tidak tahu pula keadaan dihari kemudian. Orang yang demikian, pada hakikatnya bukanlah takut mati, tetapi tidak tahu barang yang mesti diketahui.

Timbulnya ketakutan ialah orang bodoh, bagi para cerdik mendorong menghabiskan umur menuntut ilmu. Para cerdik tidak peduli kepayahan jasmani menuntut kemuliaan rohani. Mereka lebih suka bertanggang. Mereka kadang tidak tidur sampai larut malam karena memikirkan hikmah atas kehausan ilmu yang ingin diperoleh.

Mereka berkeyakinan bahwa kesenangan sejati didalam kehidupan, ialah terlepas dari kebodohan. Kebodohan yang membelenggu diri hanya mengarahkan kepada keburukan berfikir dan berperilaku dalam menjalankan kehidupan.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Tomat, Ampuh untuk Mengatasi Masalah Jerawat

Imbasnya kurang menjadi manusia seperti yang diinginkan Islam, yakni menjadi khilafah dimuka bumi menebarkan Islam Rahmatan Lil Alamin dengan dibuktikan tindakan atas dasar iman, ilmu, dan amal di tengah realitas dunia.

Mereka juga berkeyakinan bahwa kesenangan sejati di kehidupan ialah terlepas dari kebodohan, terlepas dari kebingungan menilik rahasia alam. Kepayahan yang larut menimpa jiwa, obatnya ialah mempelajari ilmu. Itulah yang dinamakan kelezatan dan kesenangan abadi.

Tatkala para cerdik pandai mengetahui bahwa kesempurnaan jiwa ialah dengan ilmu, dan kesengsaraan ialah karena kebodohan, dan dipikirkan mereka pula bahwa ilmu itu adalah obat dalam jiwa manusia serta kebodohan adalah penyakit.

Hanyalah manusia berilmu yang akan mampu meningkatkan ketakwaan seorang hamba terhadap Tuhan-Nya, untuk mengemban amanah sebagai khalifah dimuka bumi yang secara spesial membedakan manusia dengan makhluk lainnya.

Itulah penjelasan singkat kami mengenai, Ilmu, Manusia, dan Kematian(?) Semoga penjelasan singkat ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca Unews.id.(hi/yy)

Editor: Bambang Eko W

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

Yuk Kenali Love Languages, Jomblo Dilarang Baca!

Senin, 17 Januari 2022 | 13:31 WIB

Tips Buat Sempol Ayam Crispy, Nikmatnya Minta Ampun!

Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:56 WIB

Resep Nasi Goreng Kornet, Dijamin Ingin Makan Terus

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:04 WIB

Apa Itu Role Play? Simak Penjelasannya Dibawah Ini

Kamis, 13 Januari 2022 | 16:17 WIB
X