Korelasi HRD dengan Tugas Penting Lain di Perusahaan

  • Bagikan
Ilustrasi: Korelasi HRD dengan Tugas Penting Lain di Perusahaan - Istimewa
Ilustrasi: Korelasi HRD dengan Tugas Penting Lain di Perusahaan - Istimewa

Unews.id, Korelasi HRD dengan Tugas Penting Lain di Perusahaan. Human Resource Department (HRD) merupakan jabatan yang bertugas sebagai mengelola bagian personalia dalam perusahaan.

Tugas utama HRD adalah mengoptimalkan perencanaan SDM. Termasuk bagaimana merekrut orang yang tepat untuk tugas tertentu dalam suatu perusahaan, seperti halnya perusahaan perseorangan, perusahaan daerah air minum, perusahaan industri, perusahaan negara maupun bentuk perusahaan perseorangan

Tidak hanya itu saja, HRD juga sebagai motor dalam mengembangkan SDM yang ada sebagai penyokong pertumbuhan bisnis dalam perusahaan.

Baca Juga: Menjadi Reseller, Begini Kelebihannya

Korelasi HRD dengan Tugas Penting Lain di Perusahaan

Selain itu, ada korelasi antara HRD dengan tugas yang tak kalah penting dalam perusahan, hal itu bisa dijabarkan sebagai berikut:

Korelasi HRD dengan Tugas Penting Lain di Perusahaan

Customer Servise

HRD merupakan customer service. Dengan bagian penyedia adalah perusahaan dan pelanggan adalah karyawan, maka bagian HR perlu paham benar apa yang harus dilakukan.

Keuangan

Memahami kondisi keuangan perusahaan, keseimbangan masuk dan keluarnya dana segar serta aset yang dimiliki, menjadi perlu.

Dalam rangka penyusunan dan eksekusi program ke-HR-an, bagian HR perlu terus berkoordinasi dengan bagian keuangan agar dapat menyusun langkah strategis yang sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan, sehingga dapat dieksekusi dengan sempurna.

Baca Juga: Desain Populer, Cocok Untuk Bisnis Clothing Kamu

Korelasi HRD dengan Tugas Penting Lain di Perusahaan

Marketing

Marketing yang dimaksud, bagaimana perusahaan dapat “memasarkan” dirinya pada persaingan bisnis dan tenaga kerja.

Tujuannya supaya citra perusahaan terlihat baik. Jika demikian, potensi mendapat bibit unggul SDM semakin besar

Tiga pemahaman korelasi seorang HRD selalu dilewatkan dan dirasa tidak penting. Namun hal kecil seperti ini kadang mempunyai efek luar biasa jika diterapkan.

Kenapa demikian? Bagian-bagian kecil itu kadang menjadi salah satu pendukung terhadap keberhasilan sebuah perusahaan.

Bayangkan saja, bagaiman jika HRD sebuah perusahaan hanya bisa merekrut orang tanpa punya perencanaan terhadap optimalisasi kinerja perusahaan tersebut?

Masihkan dianggap penting jabatan HRD yang demikian? Selain pemahaman diatas, efek lainnya adalah dapat menumbuhkan solidaritas dalam membangun perusahaan.

Maka, sepantasnya HRD juga bisa berfungsi sebagai pelayan rumah tangga, dia harus mampu mengetahui seluk beluk perusahaan, mampu membaca kekurangan dan kelebihan perusahaan sehingga tidak salah orang ketika perekrutan tenaga kerja baru.

Itulah sekilas informasi mengenai Korelasi HRD dengan Tugas Penting Lain di Perusahaan. Semoga bermanfaat. (ab/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *