Keutamaan Puasa Senin-Kamis Jantung, Diabetes, Minggat

  • Bagikan
IMG 20211025 213846
Udah Tahu? Inilah Keutamaan Puasa Senin-Kamis, Sumber Foto Ayokita.com
Unews.idKeutamaan Puasa Senin-Kamis Jantung, Diabetes, Minggat Saum atau puasa bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu meningkatkan ketakwaan seorang muslim.
Berpuasa merupakan salah satu dari Rukun Islam. Ada banyak keutaamaan dan manfaat berpuasa yang diraih oleh umat Islam. Sebab berpuasa tidak hanya sebatas menahan lapar dan minum tetapi adalah menahan untuk melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.
Berpuasa hari senin dan kamis ternyata juga bermanfaat terhadap jasmani. Kenapa puasa hari senin kamis? karena umat Islam di hari senin merupakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sehingga wajar jika perisitwa itu dijadikan latar belakang kebiasaan Nabi berpuasa.
Sementara hari Kamis, sebagaimana dikutip dari hadist Syekh Abu Zakariya Al-Anshori, dalam karyanya Fathul Wahhab adalah hari di mana amal diperlihatkan.

Keutamaan Puasa Senin-Kamis

Keutamaan puasa senin kamis. Dibukanya pintu surga
Setiap pekannya, Allah membukakan pintu-pintu surga untuk umatnya yaitu di hari Senin dan Kamis.
“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka diampuni dalam kedua hari itu setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang di antaranya dan saudaranya terdapat permusuhan. Kemudian dikatakan, lihatkah kedua orang ini hingga keduanya berdamai.” (HR Al Khatib, Muslim, ABu Daud, Nasa’i, At-Tarmidzi, dan Ibnu Hibban). Landasan itulah bisa menjadi spirit dan inspirasi bagi umat Muslim.2. Hari diutusnya Nabi Muhammad SAW

Kitab Suci Al-Quran diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW pada hari Senin, oleh karena itu Nabi Muhammad kemudian menyambutnya dengan berpuasa. Sehingga kita sebagai umatnya yang berharap atas syafaatnya di hari kelak menghormati beliau salah satunya dengan berpuasa.

Manfaat puasa senin kamis terhadap jasmani (kesehatan)

a. Menurunkan berat badan.

b. Menjaga kesehatan jantung.

c. Mengurangi risiko terkena diabetes.

d. Mengurangi risiko munculnya kanker.

e. Menjaga kesehatan mental.

Berikut Niat Puasa Senin Kamis

Niat puasa hari senin : Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya, “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat puasa hari kamis

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya, “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Itulah Keutamaan Puasa Senin-Kamis. Sehingga kita sebagai umat Islam sebaiknya mengagungkan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan Al-Quran salah satunya dengan puasa. Semoga bermanfaat. (hi/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *