Keutamaan dan Adab Baca Al-Qur’an

  • Bagikan
IMG 20211022 110201
Keutamaan dan Adab-Adab Baca Al-Qur'an, Umat Islam Wajib Tau,sumber foto m.dream.co.id

Unews.idKeutamaan dan Adab Baca Al-Qur’an. Bagi umat Muslim membaca Al-Qur’an sudah tidak asing lagi di telinga. Perintah membaca Al-Qur’an terdapat di 5 surah Al-Alaq saat diturunkan malam Lailatul Qadar. Malam diturunkannya ayat pertama ini disebut dengan malam turunnya Al-Qur’an atau Nuzulul Qur’an.

Al Qur’an merupakan pedoman bahkan kitab suci umat Islam. Sangat rugi sekali jika umat Islam tidak mau membacanya. Apalagi dengan banyaknya keutamaan yang bisa didapatkan dengan membaca Al Qur’an ini.

Salah satu keutamaan dari membaca Al Qur’an, agar mendapatkan petunjuk serta menjalani hidup di jalan yang benar. Sesuai dengan firman Allah di dalam Al Qur’an yang artinya seperti berikut:

Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al Isra : 9)

Tak hanya firman itu saja, Rosulullah pun sudah memberikan wasiat kepada para umatnya agar selalu membaca Al Qur’an karena disitulah setiap petunjuk akan dibuka. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

”Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)

Keutamaan dan Adab Baca Al-Qur’an

Keutamaan Membaca Al-Qur’an 

a. Diberikan Petunjuk. Manusia membutuhkan kompas atau arah untuk mencapai tujuan. Tanpa adanya kompas (arah) manusia akan kebingungan. Salah satu keutamaan membaca Al Qur’an, agar kita bisa mendapatkan petunjuk menjalani hidup di jalan yang hanif.

Sesuai dengan firman Allah di dalam Al Qur’an yang artinya seperti berikut: “Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al Isra : 9)

b. Setiap Huruf di Al-Qur’an mengandung kebaikan. “Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

Hadis itu menginformasikan kepada umatnya bahwa beruntung sekali orang yang membaca Al-Qur’an. Satu huruf saja mendapat kebaikan, apalagi satu jus.

c. Balasan pahala berlipat. Orang yang suka membaca Al-Qur’an niscaya Allah akan memberikan ganjaran melebihi apa yang dilakukan. Sebab Al-Qur’an merupakan perkataan Allah langsung kepada HambaNya.

d. Balasan terbaik. “Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-Qur’an, hingga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya.” (HR. Al-Baihaqi).

Adab-Adab Membaca Al-Qur’an 

a. Berwudhu. Berwudhu merupakan mensucikan diri baik dari hadast kecil maupun besar. Sebab Al-Qur’an adalah perkataan Allah langsung sebagai Tuhan Pencipta Alam Semesta.

b. Menggunakan pakaian yang bersih. Menghadap dan membaca ayat-ayat Allah harus dilakukan dengan penampilan terbaik. Selain penampilan terbaik, pastikan baju yang kita pakai suci dan bersih.

c. Memilih tempat yang bersih dan menghadap kiblat. Tempat yang bersih bagi orang membaca Al-Quran merupakan penghormatan hamba yang tinggi kepada Allah. Selain itu dianjurkan menghadap kiblat karena kiblat merupakan corong umat muslim.

d. Niat Lillahi ta’ala. Tentunya membaca Al-Qur’an harus diniatkan karena Allah. Sebab amalan akan tertolak apabila kita membaca Al-Quran bukan karenaNya.

e. Diawali dengan membaca ta’waudz dan basmallah. Disampaikan oleh Ibnu Jarir Al-Allusy, bahwa ayat pertama yang dibawa oleh Jibril kepada nabi Muhammad disertai kalaimat ta’awudz dan basmallah.

f. Memelihara tajwid. Tajwid berarti ilmu yang mempelajari tentang cara pengucapan dan pelafalan Al-Qur’an. Karena bacaan Al-Qur’an apabila salah pelafalannya, maka bisa berubah makna yang dibaca

Itulah Keutamaan dan Adab-Adab Baca Al-Qur’an, Umat Islam Wajib Tau, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat terutama bagi yang mengamalkannya, amin. (hi/yy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *