Kenali yuk! 6 Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Dini

  • Bagikan
Kenali yuk 6 Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Dini halodoc.com

Unews.id6 Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Dini, umumnya warna rambut orang Indonesia berwarna hitam atau gelap. Hal tersebut dikarenakan rambut salah satunya mengandung kadar melanin tinggi.

Namun, saat rambut berubah menjadi putih alias uban, terjadi karena melanin tidak lagi memproduksi. Akibatnya, rambut yang baru tumbuh tidak mendapat pewarna dari melanin.

Diusia tumbuhnya uban adalah hal yang wajar. Uban akan mulai tumbuh diusia 40 tahun ke atas, namun terkadang uban juga bisa tumbuh diusia dini.

Banyak orang beranggapan, bahwa uban muncul diusia dini menandakan orang tersebut mudah marah. Padahal, ada beberapa penyebab tumbuhnya uban, seperti faktor Genetika.

Faktor genetika atau keturunan, bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban diusia dini. Bahkan tidak hanya faktor genetika saja, tumbuh uban diusia dini juga dari ras dan etnis, hal ini berdasar penelitian yang telah dipublikasi di India Juornal of Dermatology Venereology and Leprology pada tahun 2013.

6 Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Dini

1. Penyakit Autoimun
Penyakit autoimun terjadi saat sistem daya tahan tubuh berbalik menyerang sel tubuh. Hal tersebut menjadi penyebab tumbuhnya uban, karena dapat menyerang rambut dan hilangnya pigmen melanin untuk mewawarnai rambut secara alami.

2. Kekurangan Vitamin B-12

Vitamin B-12 memiliko peran penting dalam tubuh kita, selain menjadi pasokan energi, juga dapat menunjang pertumbuhan rambut yang sehat.

Apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin, akan menyebabkan anemia pernisiosa. Akibatnya, sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke dalam tubuh termasuk sel rambut akan terhambat.

Apabila rambut mengalami kurang asupan oksigen, dapat memproduksi melanin berkurang dan menjadi penyebab tumbuhnya uban.

3. Stres

Dampak stres akan menganggu tidur seseorang, sering merasa gelisah, nafsu makan terganggu dan membuat tekanan darah menjadi penyebab timbulnya uban, apalagi stres dapat mengurangi zat pemberi warna pada rambutnya.

4. Kebiasaan Merokok

Tidak hanya menjadi penyebab risiko penyakit jantung, kanker, hipertensi atau jantung, namun juga akan memicu uban muncul lebih cepat.

5. Gaya Pola Hidup

Gaya Pola Hidup memang tidak akan mempengaruhi kemunculan uban diusia dini.

6. Gangguan Kelenjar Tiroid

Gangguan Kelenjar Tiorid yang terlalu aktif (hipertiroid) atau kurang aktif (hipotiroid) dapat mengakibatkan tumbuhnya uban diusia dini.

Hal ini dikarenakan tiroid merupakan kelenjar yang dapat mengendalikan metabolisme pada tubuh dan mengontrol warna rambut. Terlalu aktif atau pasif kelenjar akan mempengaruhi produksi melanin berkurang.

Itulah 6 Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Dini. Terima kasih, semoga bermanfaat. (yn/yy).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *