Kenali Perbedaan Saham vs Investasi

  • Bagikan
Kenali Perbedaan Saham vs Investasi
Kenali Perbedaan Saham vs Investasi - Istimewa

Unews.idKenali Perbedaan Saham vs Investasi. Sebagian masyarakat, umumnya mereka masih awam dalam dunia saham maupun investasi, sebagian banyak yang beranggapan kedua istilah tersebut (investasi saham dan trading saham) adalah sama alias tidak ada perbedaan sama sekali.

Anggapan tersebut salah (kurang tepat), sebab keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, baik dari segi konsep, risiko, maupun alur/strategi yang dijalankan.

Mengenal Perbedaan Saham vs Investasi

Jika Anda masih penasaran ingin mengenal lebih dalam tentang saham dan investasi, ikuti beberapa ulasan menarik berikut ini:

Konsep

Perbedaan yang pertama yakni dari segi konsep secara mendasar antara investasi saham dan trading saham. Investasi saham lebih mengedepankan/menekankan pembelian saham agar disimpan kembali dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Dalam jangka panjang, Anda akan berpeluang mendapat keuntungan hingga mencapai 2 kali lipat dari jumlah uang yang di investasikan. Sedangkan trading saham merupakan antonim dari investasi saham alias berbanding terbalik.

Pengguna diharuskan membeli saham dan menjualnya kembali dengan segera saat harganya sedang membumbung tinggi (naik). Anda harus lihai Dan cermat dalam menghitung dan bisa menentukan kapan waktu terbaik, menjual atau melepas saham yang sudah Anda beli agar mendapat keuntungan berlimpah

Tingkat Resiko

Dari tingkat resiko umumnya pasti ada antara investasi saham maupun trading saham. Istilah dalam Investasi Saham, dalam hal ini yakni resiko capital loss dan resiko likuidasi. Resiko capital loss terjadi disaat aset atau saham miliknya (yang dibeli) bernilai lebih rendah pada saat dijual kembali.

Resiko likuiditas merupakan resiko yang terjadi ketika perusahaan dinyatakan gulung tikar alias bangkrut oleh pengadilan, atau perusahaan.

Resiko trading saham, bisa dikatakan cukup tinggi karena para traders tidak bisa menyimpan saham dalam waktu lama.

Ingat, pergerakan pasar tidak dapat diprediksi, bisa saja Anda membeli saham bernilai tinggi saat itu (hari ini) karena harga turun dan diprediksi akan mengalami kenaikan.

Bahkan tanpa terduga terkadang situasi politik atau sistem perekonomian global mengalami perubahan sehingga berdampak turunnya harga saham

Perbedaan Saham vs Investasi

Variasi Saham

Pembelian Saham yang dibeli dari investasi saham maupun trading saham juga memiliki perbedaan. Bagi Anda yang ingin berinvestasi saham, dapat membeli saham berlapis, seperti istilah saham lapis pertama atau dikenal dengan sebutan blue chip. Metode saham ini sangat cocok bagi Anda para pemula dikarenakan tingkat resiko relatif rendah.

Berbeda dengan trading saham umumnya, saham yang akan dibeli cenderung pada saham lapis dua atau tiga. Apabila kondisi pasar sedang baik, maka harganya akan melambung tinggi dalam hitungan 1×24 jam (satu hari). Alternatif lain yakni dengan memilih saham yang masuk pada Initial Public Offer (IPO).

Strategi yang Dijalankan

Perbedaan berikutnya dari investasi saham dan trading saham terletak pada strategi yang digunakan. Secara umum, perbedaannya dapat dilihat dalam poin berikut ini:

Strategi Investasi Saham

Strategi Investasi Saham biasanya dilakukan oleh para investor. Strategi saham adalah dengan memperhatikan faktor pendukung yang mempengaruhi pergerakan saham.

Biasanya, para investor paham dan tidak ambil pusing mengenai fluktuasi harga. Sedangkan strategi investasi saham yakni dengan membeli saham emiten yang memiliki performa/kualitas kerja sehat dan memiliki fundamental yang kuat.

Pihak investor cenderung memilih perusahaan yang kuat seperti perbankan. Pemilihan cara ini berdasarkan keuntungan maupun pembagian dividen dalam kurun waktu tertentu.

Strategi Trading Saham

Strategi Trading Saham ini biasanya dilakukan oleh trader yang mengedepankan pola strategi, berdasar pergerakan dan kondisi pasar dari pada saham yang dibeli. Misal, disaat pasar saham turun karena faktor ekonomi global maupun politik, trader tidak akan tergesa-gesa masuk pasar saham sampai situasi dan kondisi pulih kembali (normal).

Selanjutnya maka trader menekankan strategi terarah. Mereka tidak akan menahan posisi tradingnya dalam waktu cukup lama. Strategi ini dijalankan berdasar target profit, stop loss, hingga ditingkatan rasio risk-reward.

Terserah Anda

Point terakhit setelah Anda memahami penjelasan diatas tentang perbedaan investasi saham dan trading saham, kini terserah Anda. Akankah Anda mau menyelam didunia Saham ataukah Investasi. Sebenarnya, kedua sistem tersebut sama-sama memiliki keuntungan tersendiri. Bahkan keduanya juga bisa dikatakan mampu memberikan manfaat untuk masa depan Anda.

Itulah penjelasan singkat kami mengenai Perbedaan Saham vs Investasi. Terima kasih sudah membaca artikel dari unews.id. Semoga bermanfaat. (yy)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *