Kenali Perbedaan E-Commerse dan Market Place

  • Bagikan
istockphoto 1201524604 170667a

Unews.idKenali Perbedaan E-Commerse dan Market Place. Berkat adanya internet, perkembangan teknologi telah memunculkan berbagai peluang baru dalam bisnis. Ecommerce adalah salah satunya.

Electronic commerce atau e-commerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun sarananya meliputi televisi dan telepon, kini e-commerce lebih sering terjadi melalui internet.

Kenali Perbedaan E-Commerse dan Market Place

Karena pengertian e-commerce tersebut, terkadang ada kesalahpahaman tentang e-commerce dan marketplace.

Marketplace sendiri adalah salah satu model e-commerce, di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

Baca Juga: Tips Efektif Buat Semur Ikan Patin

Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu meladeni pembelian. Semua aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah diurus oleh platform tersebut.  Situs-situs seperti Shopee dan Lazada.

perdagangan online hanya terjadi antara penjual dan pembeli. Dalam sistem e-commerce sebetulnya dibagi menjadi enam golongan, yaitu:

Business to business (B2B)

Jenis e-commerce dimana sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada perusahaan lainnya. Dalam model ecommerce ini, biasanya pembeli memesan barang dalam jumlah besar. Contohnya adalah sebuah perusahaan yang membeli perlengkapan kantor dari sebuah produsen.

Business to consumer (B2C)

Dalam jenis ecommerce ini, sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumen. Pada umumnya, pelanggan dalam ecommerce B2C hanya mengecer. Jika anda pernah membeli dari suatu toko online, aktivitas tersebut termasuk dalam golongan ini.

Kenali Perbedaan E-Commerse dan Market Place

Baca Juga: Tips Bangkit dari Patah Hati, Dijamin Ampuh

Consumer to consumer (C2C)

Pernah menjual barang bekas ke orang lain yang membutuhkannya melalui internet? Aktivitas tersebut termasuk dalam jenis e-commerce ini. Dengan kata lain, C2C adalah transaksi online antara dua individu.

Consumer to business (C2B)

Berkebalikan dengan B2C, ecommerce C2B adalah skenario di mana seseorang menjual produk atau layanan kepada sebuah perusahaan. Seorang graphic designer, misalnya, menawarkan dan menjual logo buatannya kepada sebuah bisnis makanan.

Business to public administration (B2A)

Model ecommerce ini mirip dengan B2B, tetapi pelakunya adalah bisnis dan lembaga pemerintah. Contoh B2A adalah jasa pembuatan website untuk sistem administrasi online.

Consumer to public administration (C2A)

Baca Juga: Tafsir Mimpi Naik Pesawat, Isyarat Impian Tercapai?

Jenis ecommerce satu ini berjalan seperti C2B. Namun, transaksi dilakukan oleh individu dan lembaga pemerintah. Ecommerce dengan model C2A jarang ditemui di Indonesia. Jenis transaksi yang terjadi biasanya berbentuk jasa.

Nah begitulah informasi Kenali Perbedaan E-Commerse dan Market Place. Semoga bermanfaat. (ab/yy)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *