Kekayaan Sumber Daya Alam Pulau Saseel

  • Bagikan
Kekayaan Sumber Daya Alam Pulau Saseel
Kekayaan Sumber Daya Alam Pulau Saseel - sumber foto: kompasiana.com

Unews.idKekayaan Sumber Daya Alam Pulau Saseel. Abental ombek asapok angin merupakan lirik sebuah lagu daerah yang berasal dari ujung timur pulau Madura. Lirik lagu tersebut menjelaskan keadaan masyarakat sekitar. Umumnya mata pencaharian penduduk warga Sumenep, sebagai nelayan.

Abental ombek artinya berbantal ombak, sedangkan asapok angin Berselimut Angin. Sumenep, Madura, Jawa Timur, terkenal dengan kabupaten yang memiliki ribuan pulau.

Sampai saat ini, tercatat pulau yang ada di Sumenep mencapai 126 pulau (berpenghuni maupun tidak berpenghuni).

Kekayaan Sumber Daya Alam Pulau Saseel

Setiap wilayah di kepulauan Sumenep, memiliki estetika sendiri yang tak kalah menarik dengan wisata pulau di seluruh belahan dunia lainnya. Salah satu Pulau yang belum terjamah oleh wisatawan tetapi memiliki daya tarik alamiah yaitu Pulau Saseel Kecamatan Sapeken. Pantai Bajo dengan pasir putihnya menambah keasrian pulau Saseel, belum lagi rumah adat lestari dan adat suku yang masih kental dengan nuansa alam.

Baca Juga: 6 Penyebab Tumbuhnya Uban di Usia Dini

Tidak hanya menawarkan keindahan panorama saja, Pulau Saseel juga kaya akan Sumber Daya Alam seperti ikan laut, cumi, kepiting, dan menjadi ciri khas tersendiri dengan Pulau-Pulau lain yang ada disekitarnya. Untuk menuju lokasi Pulau Saseel, membutuhkan waktu kurang lebih 18 jam jika menggunakan transportasi laut.

Jika menggunakan transportasi darat membutuhkan 3 jam perjalanan dari Bandara Trunojoyo Sumenep ke Pulau Pagerungan, (Pulau Pagerungan ditempuh 1 jam perjalanan ke Saseel dengan menggunakan taxi laut.

Lama perjalanan, akan terbayar lunas melihat panorama dan keindahan Pantai Pulau Saseel. Sumber Daya Alam yang melimpah, kelestarian rumah adat istiadat menjadikan pulau dan masyarakat sekitar dikenal dengan suku yang agamis dan ramah terhadap lingkungan alam.

Indonesia merupakan Negara Agraris yang kaya akan surga dan alam dari berbagai sektor, hal ini menandakan begitu dahsyatnya keberadaan semboyan Binneka Tunggal Ika.

Bagi masyarakat sekitar maupun para pelancong dari manca negara, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati keindahan pantai dengan sunrise yang begitu memukau. Ragam keindahan alam, dan keberagaman suku yang tersaji di Pulau yang satu ini, membuat siapapun betah dan terpesona apabila merebahkan kaki di salah satu pulau Surga yang ada di ujung timur Pulau Madura. (pp/yy)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *