Karyawan Turnover, Begini Cara Mengatasinya.

  • Bagikan
youtuber 2838945 960 720

Unews.idKaryawan Turnover, Begini Cara Mengatasinya. Memiliki keadaan ideal dan sumber daya manusia dengan etos kerja tinggi merupakan impian setiap perusahaan.

SDM yang mumpuni merupakan kunci sukses perusahaan dalam rangka perkembangan selanjutnya.

Pengelolaan secara maksimal, akan meminimalisir terjadinya karyawan yang turnover, istilah ini diberikan kepada karyawan yang meninggalkan posisinya di perusahaan dan pindag ke perusahaan lain.

Karyawan Turnover, Begini Cara Mengatasinya.

Faktor penyebab terjadinya karyawan turnover bisa karena dua hal, pertama adalah situasi internal, kedua adalah serangan eksternal.

Demi menciptakan lingkungan yang baik dalam perusahaan, diperlukan tenaga kerja dengan skill tingg. Namun loyalitas karyawan merupakan poin plus yang tidak bisa dianggap remeh.

Baca Juga: Perubahan Budaya Kerja, Tantangan dan Solusinya

Untuk melihat beberapa sebab mengapa karyawan melakukan turnover, simak penjelasan berikut beserta cara mengantisipasinya.

  1. Salah Menempatkan Posisi

Kesalahan pembacaan potensi dan penempatan menjadi salah satu penyebab karyawan melakukan turnover.

Perbedaan plotting kerja dan minat serta potensi karyawan yang dimiliki, akan menyebabkan karyawan tersebut tidak dapat berkembang dan mengalami stagnansi karir.

Karyawan Turnover, Begini Cara Mengatasinya.

Hal ini juga terjadi tidak hanya karena kesalahan perusahaan, namun juga kegagalan karyawan dalam melakukan adaptasi.

Hal ini bisa dicegah dengan melakukan analisa bakat, passion dan skill yang dimiliki karyawan sebelum ditempatkan di satu divisi.

  1. Potensi yang Ditimbun

Menimbun di sini diartikan sebagai upaya pencegahan karyawan dengan potensi atau skill tinggi untuk mendapatkan promosi.

Solusi utama dari penyebab turnover yang satu ini tentu adalah apresiasi pada setiap prestasi karyawan. Apresiasi yang diberikan bisa berupa promosi pada karyawan terkait, sehingga ia mendapat kenaikan jabatan yang layak.

Baca Juga: Skill Karyawan Meningkat dengan 4 Hal Kecil Ini

  1. Kesenjarangan Payroll

Ketika terjadi satu fenomena tertentu, seperti revolusi industri.maka akan ada beberapa posisi atau jabatan yang akan mengalami kenaikan nilai jual.

Kenaikan ini berupa tawaran payroll yang lebih besar karena dirasa peran yang dilakukan menjadi semakin krusial dalam perkembangan iklim industri.

Hal ini bisa dicegah dengan selalu memperhatikan pergerakan nilai jabatan yang terjadi.

  1. Kuantitas Jam Kerja

Selayaknya mesin, Operasi berlebihan akan menurunkan kualitas daya kerja.

demikian juga yang terjadi pada SDM perusahaan.  Jam kerja yang berlebihan yang dibebankan pada karyawan akan membuat karyawan kelelahan dan justru akan berdampak pada penurunan kinerja secara signifikan.

Begitulah informasi Karyawan Turnover, Begini Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat. (ab/yy)

 

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *